Sukses

Cara Sehat dan Bahagia hingga Tua

Untuk hidup sehat dan bahagia, butuh beberapa faktor yang mendukung. Berikut caranya

Liputan6.com, Jakarta Untuk hidup sehat dan bahagia, butuh beberapa faktor yang mendukung. Tak hanya diet dan olahraga, studi menemukan ada lima hal yang bisa membuat Anda senantiasa bahagia.

Seperti dilansir WebMD, Jumat (21/4/2017) studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences ini menemukan bahwa kestabilan emosi, determinasi (memantapkan tujuan hidup), mengontrol diri, optimis dan memiliki keterampilan hidup itu bisa membuat manusia lebih sehat dan bahagia.

Studi ini melibatkan 8.000 orang berusia 52 tahun di Inggris. Peneliti mengatakan, lima hal tersebut ternyata berkaitan dengan peningkatan kesehatan, risiko penyakit kronis berkurang, termasuk kurangnya depresi dan stabilitas keuangan yang lebih baik.

"Tidak yang lebih penting daripada hal tersebut. Sebaliknya, efeknya bergantung pada akumulasi keterampilan hidup," kata pemimpin studi yang juga seorang profesor epidemiologi dan kesehatan masyarakat di University College London, Andrew Steptoe.

Menurut Andrew, orang yang memiliki banyak keahlian atau kemampuan khusus jarang mengalami depresi dan kesepian. Di sisi lain, 11 persen dari peserta merasa mereka tidak memiliki keterampilan khusus sehingga cenderung mudah sakit. 

"Kami terkejut dengan berbagai proses kehidupan. Karena  mengembangkan dan memelihara keterampilan ternyata berkaitan dengan kesehatan dan kesejahteraan di usia tua," Steptoe menyimpulkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini