Sukses

Aturan Makan Mangga yang Harus Diketahui Ibu Hamil

Senyawa kimia alami yang terdapat di kulit mangga dapat merugikan kesehatan ibu hamil.

Liputan6.com, Jakarta Mangga memang mengandung zat besi yang baik untuk hemoglobin ibu hamil. Sayangnya, ada aturan mengonsumsi mangga yang harus diketahui ibu hamil agar tidak menimbulkan masalah kesehatan.

Vitamin A, vitamin C, kalium, dan serat yang ditawarkan mangga dapat meningkatkan kemampuan penglihatan, kekebalan tubuh, memerangi radikal bebas dan menangkal gangguan pencernaan. 

Meski mangga aman-aman saja dikonsumsi oleh ibu hamil, tapi bahan kimia yang membuat mangga matang--kalsium karbida--bila dikonsumsi berlebihan berisiko pada diabetes gestasional, diare, dan menyebabkan dehidrasi.

Seperti dikutip laman Femina.in, Jumat (14/4/2017) untuk mencegah terjadinya paparan bahan kimia tersebut, ibu hamil harus memperhatikan saat mencuci mangga.

Pastikan untuk membilas bersih mangga sebelum dan setelah dikupas. Biasanya kalsium karbida yang bewarna keabu-abuan menempel di kulit luar mangga. Hindari juga memakan daging mangga secara langsung tanpa memotong seluruh kulitnya.

Hindari juga menggunakan pisau yang sama saat mengupas dan memotong daging mangga. Sebab, sisa dari kalsium karbida bisa saja menempel di daging mangga atau tangan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.