Sukses

5 Alasan untuk Berhenti Gunakan Ponsel Sebelum Tidur

Berikut adalah alasan mengapa kita perlu berhenti menggunakan ponsel di malam hari

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda memiliki kebiasaan memeriksa ponsel sebelum tidur? Tahukah Anda, cahaya ponsel tidak hanya mempengaruhi mata kita tetapi menimbulkan beberapa masalah kesehatan lain.

Cahaya biru pada ponsel memancarkan tajam pada saat gelap sehingga akan mempengaruhi penglihatan Anda, juga meningkatkan produksi hormon yang menyulitkan seseorang untuk tidur.

Berikut adalah alasan mengapa kita perlu berhenti menggunakan ponsel di malam hari, seperti dikutip dari situs Boldsky, Senin (10/4/2017):

1. Kerusakan Retina

Cahaya biru yang dipancarkan oleh ponsel akan mempengaruhi penglihatan. Dalam jangka waktu yang panjang bahkan dapat merusak retina.

2. Kurang Tidur

Cahaya biru yang dipancarkan oleh ponsel akan mempengaruhi produksi melatonin. Melatonin adalah salah satu hormon yang membantu seseorang untuk tidur dan mengatur siklus tidur. Biasa menggunakan ponsel di malam hari sebelum tidur dapat menyebabkan kurang tidur dan masalah kesehatan lain seperti depresi juga.

3. Risiko Tinggi Kanker

Melatonin adalah hormon yang juga dikenal karena sifat antioksidan dan membantu tubuh untuk melawan kanker terutama yang berhubungan dengan payudara dan kanker prostat. Ketika produksi hormon ini terganggu, maka risiko penyakit juga akan tinggi.

4. Mempengaruhi Otak

Ketika terlalu banyak paparan cahaya biru, hal ini akan mempengaruhi otak seseorang serta daya memori juga. Ketika seseorang kekurangan tidur maka metabolisme tubuh dan aliran darah di otak juga terganggu.

5. Ketegangan Mata

Ketika menggunakan ponsel di ruangan gelap, hal ini akan menyebabkan ketegangan mata dan sakit. Secara permanen, hal ini dapat merusak penglihatan juga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini