Sukses

Kenali, 4 Ciri Hubungan Tidak Sehat

Mulai dari terlalu tergantung hingga terlalu mandiri jadi tanda hubungan tidak sehat.

Liputan6.com, Jakarta Saat sudah menjalin hubungan dengan si Dia, mungkin Anda merasa menemukan sosok yang tepat. Dia adalah sosok pria atau wanita yang selama ini Anda cari-cari. Dan bisa jadi, hubungan yang sudah berlangsung lama termasuk hubungan tidak sehat

Lalu, apakah hubungan Anda dengan si Dia sehat? Berikut empat ciri jika Anda memiliki hubungan tidak sehat seperti dipaparkan profesor di bidang filsafat dari University of Miami, Berit Brogaard seperti mengutip Psychology Today, Selasa (27/3/2017).`

1. Terlalu tergantung

Sebagai sepasang kekasih, Anda lama-kelamaan akan saling membutuhkan satu sama lain. Namun ketika Anda jadi terlalu tergantung satu sama lain, itu malah membuat hubungan tidak sehat. Misalnya ketika Anda tidak mau berobat jika tidak ditemani dirinya.

2. Terlalu mandiri

Sudah memiliki pasangan tapi terlalu mandiri itu juga bukan hubungan yang sehat. Misalnya Anda selalu menginginkan sesuatu berjalan dengan cara Anda, sehingga membuat pasangan mengikuti itu. Padahal hubungan yang sehat itu mengenai kompromi.

3. Tidak mau berkorban

Ada kalanya kemauan harus diikhlaskan demi menemaninya pergi ke dokter. Lalu, jika keinginan Anda dan si Dia berbeda, perlu mencari jalan tengah. Namun ketika Anda atau pasangan tidak mau berkorban, itu tanda hubungan yang tidak sehat.

"Berada dalam sebuah hubungan pasti ada pengorbanan di dalamnya," kata Brogaard.

4. Sulit mengomunikasikan hal yang mengganggu

Tidak ada dua orang yang memiliki kemauan, perilaku, dan sikap yang sama. Ada banyak perbedaan diantara keduanya. Sehingga komunikasi perlu dilakukan agar hal-hal yang berbeda atau mengganggu perlu dibicarakan.

"Jangan sampai diam sampai menunggu meledak, hal ini malah tidak sehat," kata Brogaard.

Sebuah hubungan yang sehat adalah ketika mampu memberitahu pasangan mengenai hal yang tidak disukai tanpa membuatnya tersinggung. Jika malah membuatnya marah, itu tanda hubungan tidak sehat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini