Sukses

Keuntungan Anak Jika Punya Orangtua Gaul

Jadi orangtua yang gaul ternyata bisa memberikan keuntungan tersendiri bagi anak.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki buah hati yang pemberani dan percaya diri tentu menjadi impian setiap ayah dan bunda. Sayangnya ada beberapa anak yang sudah berkarakter pemalu sejak kecil. Namun, orangtua tak perlu khawatir dulu karena ada trik khusus untuk membentuk anak jadi pemberani dan percaya diri.

Menurut psikologi pendidikan dan anak, Elizabeth Santosa, umumnya anak akan meniru apa yang dilakukan orangtua. Dengan mencontohkan hal-hal yang berani dan baik di depan anak, maka anak akan meniru dan belajar menjadi pemberani dengan sendirinya.

"Children see children do, jadi orangtuanya berperilaku apa, pasti anaknya ngikut. Kalau anak mau jadi percaya diri, jadi ya orangtuanya harus berani juga," kata psikolog cantik ini.

Lizzy, sapaan hangat psikolog ini, menyarankan agar orangtua--khususnya para bunda--untuk menyapa anak-anak lain saat berada di pusat keramaian seperti taman bermain atau di sekolah. Dengan begitu anak akan meniru dan berani berkenalan dengan teman sebayanya tanpa malu-malu.

"Kalau ketemu orang baru, mama mama itu harus nyemeptin waktu untuk aktif dengan mama-mama yang lain juga, selain supaya kita bisa dekat dan monitor satu sama lain dan anak juga bisa lihat 'wah mamaku gaul ya, mamaku juga kenal sama yang lain ya' karena mama yang gaul dan pede anaknya juga pasti pede", ujarnya.

Selain keuntungan tersebut, menurut Lizzy dengan cara seperti itu anak akan mudah berkenalan atau bermain di lingkungan baru, bahkan dewasa kelak si kecil akan mudah diterima dan mudah berbaur dengan semua orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.