Sukses

Kebiasaan Orangtua Ini yang Bisa Bikin Anak Manja

Beberapa orangtua sering bersikap over protective alias terlalu melindungi yang bisa bikin anak jadi tak mandiri.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orangtua pasti ingin melindungi anaknya dari segala ancaman dan bahaya, sayangnya beberapa ayah dan bunda memberikan perlindungan berlebihan atau over protective, yang justru dapat merugikan anak kelak.

Pola asuh over protective ini dapat membuat anak menjadi pasif dan penakut. Bukan hanya itu bahkan menurut psikolog pendidikan dan anak, Elizabeth Santosa, anak yang dididik dengan pola asuh over protective akan jadi tidakk mandiri.

"Besarnya nanti anak nggak jadi mandiri dan dia selalu bingung, dia selalu minta bantuan orangtua, manja, dan tidak punya kepercayaan akan kemampuan diri sendiri," katanya saat ditemui usai acara Cussons Bintang Kecil 5: Wujud Ekspresif Anak "Tumbuh dengan Cinta" di Gandaria City, Minggu (26/3/2017).

Psikolog yang juga berprofesi sebagai dosen ini turut menyarankan agar orangtua selalu mengajarkan anak untuk memberikan alasan tepat saat melarang anak.

"Contoh nih ya, dengan menyentil anak itu tidak mengajarkan bagaimana menyelesaikan masalah di situasi itu," ujarnya.

Elizabeth juga mengingatkan para orangtua untuk tidak mendidik anak dengan pola asuh over protective, sebab kelak anak dapat menjadi korban bully.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini