Sukses

3 Kebiasaan Buruk di Akhir Pekan yang Bikin Berat Badan Naik

Kebiasaan saat akhir pekan justru membuat berat badan naik.

Liputan6.com, Amerika Serikat Ketika hari pekan tiba, Anda mungkin tergoda dengan melakukan beberapa aktivitas yang justru menaikkan berat badan. Cornell University Food and Brand Lab menemukan, kebanyakan orang kehilangan berat badan selama hari kerja.

Di sisi lain, saat akhir pekan tiba, berat badan kembali naik. Hanya karena Sabtu dan Minggu waktu beristirahat, bukan berarti Anda bebas tak melakukan aktivitas apapun.

Berikut ini tiga kebiasaan buruk yang membuat berat badan kembali naik, sesuai ditulis pada laman My Domaine, Sabtu (25/3/2017).

Menghabiskan waktu di sofa

Anda mungkin ingin menghabiskan waktu di sofa untuk bersantai sepanjang hari saat akhir pekan. Tapi itu membuat Anda berat badan kembali naik.

Para peneliti di University of South Carolina, Amerika Serikat menemukan, mengurangi waktu menetap dari sofa hanya 20 menit pada akhir pekan saja bisa menaikkan berat badan.

Berat badan akan turun 1,6 persen dari lemak tubuh selama satu tahun. Untuk itu, tak ada salahnya, jika Anda menonton acara favorit Anda atau berjalan-jalan keluar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidur berlebihan

Tidur berlebihan

Meskipun akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk mengejar kekurangan tidur selama seminggu di hari kerja. Namun kebiasaan yang berlebihan ini dapat mengacaukan ritme sirkadian (jam tidur) Anda, kata Phyllis Zee, direktur Center for Circadian and Sleep Medicine di Northwestern University Feinberg School of Medicine.

Ritme sirkadian berdampak langsung terhadap hormon. Ketika hormon tidak seimbang bisa menyebabkan seseorang mengidam makanan tidak sehat yang berlemak.

Jagalah waktu tidur dan bangun tidak lebih dari dua jam (dari jadwal tidur normal). Anda harus tetap mengonsumsi makanan bergizi yang akan membuat tubuh berenergi sepanjang hari.

3 dari 3 halaman

Social jet lag

Social jet lag

Social jet lag adalah istilah perubahan jadwal tidur antara hari kerja dan akhir pekan. Perubahan ini sering terjadi karena menggeser atau mengganti waktu tidur.

Ketika waktu tidur tiba, Anda malah pergi keluar dengan teman-teman. Jika Anda menghabiskan waktu malam hari selama akhir pekan, perlu diingat, alkohol dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk membuat pilihan sehat soal makanan.

Rencanakan malam akhir pekan dengan baik. Pikirkan makanan tinggi protein jika Anda tahu apa yang akan Anda minum, minum banyak air, dan pastikan waktu tidur tidak lewat lebih dari dua jam dari waktu jadwal seperti biasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.