Sukses

Sering Kembung? Mungkin Anda Kekurangan Vitamin Ini

Penyebab utama perut kembung sebenarnya diakibatkan kurangnya vitamin

Liputan6.com, Jakarta Perut kembung, perut bengkak, dan masalah pencernaan lainnya, seringkali dikaitkan dengan pola makan yang buruk, misalnya terlalu banyak garam atau kurang minum air putih. Namun, sebuah studi dari the British Medical Journal mengungkapkan, bahwa penyebab utama perut kembung sebenarnya diakibatkan kurangnya vitamin D.

Dalam studi yang dilakukan selama 12 minggu tersebut, para peneliti menemukan bahwa 82 persen dari peserta penelitian yang mengalami sindrom iritasi usus (Irritable Bowel Syndrom/IBS), yaitu suatu kelainan umum yang mempengaruhi usus besar dan menyebabkan kram perut, kembung, diare dan masalah perut lainnya, ternyata mereka tidak mendapatkan vitamin D yang cukup.

Bahkan, para peserta lain yang rutin meminum probiotik sekalipun, juga tetap mengalami masalah pencernaan jika mereka tidak mendapatkan asupan vitamin D yang cukup di dalam tubuhnya, seperti dilansir dari Newbeauty, Kamis (23/3/2017).

Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa mendapatkan vitamin D lebih banyak? Pertama, Anda bisa mengganti atau menambahkan makanan yang kaya akan vitamin, seperti salmon, makarel, tuna, telur, biji-bijian alami, dan jamur portobello. 

Kedua, dapatkan matahari pagi. Menurut seorang dokter kulit yang berbasis di kota New York, Marina Peredo, MD., Anda hanya butuh waktu lima menit saja untuk mendapat vitamin D dari matahari pagi, tanpa perlu menggunakan tabir surya.

"Namun jika lebih dari lima menit, maka Anda perlu memakai tabir surya agar Anda tetap bisa mendapatkan manfaatnnya, sembari melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV," ujarnya. (Tassa Marita Fitradayanti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini