Sukses

Wanita, Jangan Abaikan 6 Tanda Sebelum Serangan Jantung Ini

Berikut beberapa tanda sebelum wanita terkena serangan jantung.

Liputan6.com, Jakarta Saat menonton film atau sinetron adegan serangan jantung biasanya dengan mata membuka lebar dilanjutkan dengan memegang area dada. Nyatanya, serangan jantung bisa tanpa disertai rasa nyeri pada dada, terutama pada wanita.

"Sekitar dua per tiga wanita tidak memiliki gejala serangan jantung seperti yang ada di film-film Hollywood," kata dokter dari Cedars-Sinai Heart Institute, C. Noel Bairey Merz Amerika Serikat.

Berikut beberapa tanda sebelum wanita terkena serangan jantung. Jika mengalami gejala tersebut dalam tingkat ringan, tidak ada salahnya melakukan pengecekan kesehatan di dokter. Berikut tanda-tanda tersebut mengutip Woman's Day, Jumat (24/3/2017).

1. Pusing
Sebagian serangan jantung tidak membuat seseorang tiba-tiba kehilangan kesadaran. Namun, aliran darah yang membawa oksigen ke jantung dan otak berkurang sehingga menyebabkan rasa pusing.

2. Nyeri tubuh bagian atas
Saraf jantung tidak berujung sehingga kadang-kadang rasa nyeri menjalar ke bagian lain. Seperti punggung, bahu, lengan, leher dan rahang.

3. Lelah
Merasa kelelahan di siang hari setelah semalam tidak bisa tidur atau stres itu normal. Bila tidak mengalami kondisi itu tapi merasa sering lelah coba konsultasikan ke dokter. Separuh wanita yang mengalami serangan jantung merasakan lelah dan tubuh lemah sekitar sebulan sebelum terjadi.

4. Keringat dingin
Tidak sedang menopause atau sesudah berolahraga. Salah satu tanda yang mungkin terjadi sebelum serangan jantung terjadi adalah keringat dingin berlebihan.

5. Mual
Rasa mual sebelum terjadi serangan jantung dua kali lebih besar terjadi pada wanita dibanding pria.

6. Napas pendek
Olahraga yang biasanya dilakukan menjadi berbeda. Napas pendek usai menaiki tangga padahal biasanya tidak, bisa menjadi salah satu tanda serangan jantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Serangan jantung sering kali disebut juga dengan istilah miokardial infark. Serangan jantung terjadi ketika jantung kehilangan oksigen

    Serangan Jantung