Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Benarkah Jarang Bercinta Bikin Menopause Dini?

Kata dokter, tidak ada hubungan antara jarang bercinta dengan menopause dini.

Liputan6.com, Jakarta Ada kalanya suami dan istri terpaksa menjalani pernikahan jarak jauh, alias keduanya harus tinggal di kota--atau bahkan negara yang berbeda. Saat hal ini terjadi, seringkali muncul ucapan orang-orang di sekitar 'awas, kalau jarang bercinta bisa cepat menopause lho'. Hal ini tentu membuat wanita jadi dag-dig-dug. Namun, jika mendengar itu para wanita tidak perlu percaya, kata pakar itu hanya mitos.

"Cuma mitos. Enggak ada hubungan antara jarang berhubungan seksual dengan menopause," tegas dokter kebidanan dan kandungan Mayapada Hospital Tangerang, Philip Agustinus di SCTV Tower pada Kamis (23/3/2017).

Menoupase itu terjadi ketika fungsi indung telur sudah berkurang. Hal ini menyebabkan produksi hormon reproduksi berhenti. Kemudian, terjadi penurunan produksi sel-sel telur seperti dipaparkan Philip. 

Pada umumnya menopause terjadi saat wanita berusia awal 50-an tahun. Menopause ditandai dengan tidak mengalami menstruasi selama satu tahun. 

"Rata-rata menopause pada wanita Asia itu terjadi di usia 48-50 tahun," tuturnya lagi. 

Jika pun terjadi menopause dini bukan karena jarang bercinta. Menopause yang terjadi sebelum usia 40 tahun itu biasanya karena efek pengobatan kanker seperti radioterapi atau kemoterapi maupun operasi pengangkatan rahim atau ovarium, seperti dipaparkan Philip. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini