Sukses

Manfaat Tanaman dalam Ruang: Bikin Sehat, Cerdas, dan Bahagia

Tanaman di dalam ruangan punya manfaat sehat yang besar.

Liputan6.com, Jakarta Tanaman di dalam ruangan bukan sekadar meningkatkan estetika saja, Anda sekeluarga di rumah dapat merasakan manfaat sehat. Bahkan Anda bisa saja tidak  sadar, saat melihat tanaman di dalam rumah kerap membuat tubuh merasa tenang dan santai.

Berbagai penelitian soal keberadaaan tanaman di dalam ruangan juga mampu meningkatan produktivitas di tempat kerja. Dilansir dari laman Health Line, Rabu (22/3/2017), ini beberapa manfaat sehat lain bila Anda memiliki tanaman di dalam ruangan.

Menghilangkan toksin (zat beracun)

Bila Anda menghabiskan waktu di dalam ruangan hingga 80 persen sampai 90 persen, polusi udara dalam ruangan dapat menyebabkan risiko munculnya penyakit, seperti stroke (34 persen) dan infeksi pernapasan pada anak-anak (12 persen).

Tanaman berperan sebagai pembersih udara alami yang membantu menghilangkan zat beracun berbahaya dari bahan bakar, perabot, dan pakaian di dalam ruangan.

Mengurangi sakit

Udara di sekitar tanaman meningkatkan kelembapan udara. Ada kemungkinan tanaman menyaring bakteri di udara yang dapat menginfeksi atau mengiritasi saluran pernapasan Anda.

Sebuah penelitian di Washington State University, Amerika Serikat menemukan, 20 persen debu berkurang dengan adanya tanaman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Meningkatkan mood

Meningkatkan mood

Tanaman juga mengajarkan manusia terkait empati. Dari laporan Texas Agriculture & Medicine University, orang yang menghabiskan waktu merawat alam lebih mungkin merawat orang lain. Merawat tanaman dapat meningkatkan kasih sayang.

Menyentuh tanaman dapat membuat Anda merasa lebih tenang, menurut buku Holistic Solutions for Anxiety & Depression. Bunga dapat bertindak sebagai pendorong mood.

Satu studi menemukan, bunga memiliki efek  langsung kebahagiaan dan meningkatkan memori.

Sebagai terapi hortikultura (HT)

Terapi HT adalah terapi dengan cara berkebun di luar ruangan, yang dapat mengurangi risiko demensia sebesar 36 persen. Selain berperan di luar ruangan, terapi HT juga membantu perawatan seseorang di rumah maupun di rumah sakit.

Manfaat yang terasa, di antaranya kelelahan berkurang, kepuasan hidup menjadi lebih tinggi, dan waktu pemulihan lebih cepat dan rawat inap lebih singkat.

Pikiran menjadi lebih baik dan lebih cerdas

Merawat tanaman di dalam ruangan bisa memberikan pandangan mata lain yang lebih segar. Indera akan berfungsi lebih baik. Otak pun menjadi lebih cerdas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.