Sukses

Perubahan Tubuh jadi Gendut dan Kulit Mengeriput Akibat Dehidrasi

Dampak dehidrasi tidak hanya membuat kita lemas, namun juga merubah pola hidup kita yang dampaknya berkepanjangan.

Liputan6.com, Jakarta Kita tidak boleh menyepelekan manfaat air mineral. Mungkin beberapa orang menganggap air mineral hanya sebatas pelepas dahaga ketika haus, dan bisa digantikan dengan jenis minuman lain, bahkan yang memiliki rasa dan menggunakan bahan pengawet.

Namun jangan salah, tubuh kita membutuhkan air mineral lebih dari jenis nutrisi apa pun yang pasalnya dibutuhkan untuk memastikan semua organ berfungsi dengan baik. Tubuh kita terdiri dari air, dalam otak kadarnya 75 persen, darah 92 persen, tulang 22 persen dan otot 75 persen.

Jika kita kurang minum air mineral atau membiarkan diri sampai ke tahap dehidrasi, maka sangat mungking kita merasa lebih cepat lelah, tekanan darah serta kolesterol kita meroket, tubuh kita lebih rentan terhadap alergi, kita dihadapi masalah pencernaan dan buang air.

Gendut

Selain itu, seperti dijelaskan laman WebMD, mengutip Selasa (21/3/2017), dehidrasi juga bisa menyebabkan kenaikkan pada berat badan kita. Ketika kita mengalami dehidrasi, sel-sel dalam tubuh kehilangan energi dan membuat kita jadi ingin makan terus sampai energi didapatkan.

Memang tidak secara langsung, namun jika dibiarkan dehidrasi terus-menerus, kita akan lebih mengandalkan makanan yang mana pengonsumsiannya akan menjadi berlebihan dan membuat kita menjadi gendut.

Sebetulnya rutin minum air mineral dapat membantu kita memelihara bentuk tubuh ideal. Air mineral pasalnya mempercepat metabolisme dalam tubuh dan membuat kita merasa lebih cepat kenyang. Penelitian membuktikan, seseorang yang rajin minum dua gelas air mineral sebelum sarapan, makan siang dan makan malam, berat badannya perlahan-lahan akan menurun. Jadi, minum air mineral adalah strategi diet pengurus badan yang alami.

Penuaan dini

Dehidrasi juga dapat memicu penuaan dini yang mana bisa terlihat dari transformasi kulit kita. Ketika kulit kekurangan air mineral yang mana menjadi sumber utama pembawa oksigen dan kandungan antioksidan, lama-lama teksturnya akan mengerut. Kita pun akan terlihat lebih tua dari usia kita yang sebetulnya.

Dehidrasi juga menghambat proses eliminasi racun di bagian kulit kita. Ini tentunya membuat kulit rentan terhadap semua jenis penyakit kulit, termasuk dermatitis dan psoriasis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dehidrasi merupakan kondisi jumlah cairan yang keluar dari tubuh lebih banyak dari jumlah cairan yang masuk.

    Dehidrasi