Catat, Waktu Terbaik Minum Susu

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 21 Mar 2017, 06:00 WIB
Susu

Liputan6.com, Jakarta Kandungan susu yang kaya zat gizi lengkap berupa karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral tak hanya sangat bagus untuk anak. Orang dewasa juga perlu minum susu agar kebutuhan gizi tercukupi.

Manfaat gizi dalam susu akan bekerja efektif. Tumbuh kembang anak menjadi meningkat, perilaku anak lebih bersahabat, anak menjadi lebih responsif dan aktif.

Untuk itu, ada waktu-waktu tertentu agar manfaat susu yang diserap tubuh lebih besar. Meskipun ada sebagian besar pendapat yang diyakini, minum susu bisa kapan saja dilakukan.

"Minum susu memang tidak dibatasi waktu. Tapi ada waktu terbaik agar kandungan gizi pada susu lebih bermanfaat. Bagusnya minum susu terletak pada dua momen, yaitu pagi hari dan malam hari," kata ahli gizi Prof Dr Hardinsyah MS kepada Health-Liputan6.com dalam acara kampanye Frisian Flag bertajuk Saatnya Keluarga Minum Susu Sekarang! di Hotel Aston Kuningan Suites, Jakarta, ditulis Selasa (21/3/2017).

Dua waktu tersebut sebenarnya tergantung dari kapan masing-masing individu dan keluarga sempat melakukannya.

"Tergantung waktunya yang sempat kapan. Saya saja pagi hari seringkali terburu-buru dan tidak sempat minum susu. Akhirnya, minum susu hanya dilakukan malam hari. Ada juga orang yang minum susu sore hari, itu tidak masalah," jelasnya.

Jika minum susu tidak bisa dilakukan pagi, malam, atau sore hari di hari-hari kerja biasa. Anda bisa minum susu pada momen akhir pekan, lanjut Hardinsyah yang juga Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia tersebut. Di saat libur inilah, Anda juga bisa mengajak sekeluarga minum susu bersama.

Tag Terkait