Sukses

Ini Dia Masyarakat Pemilik Jantung Tersehat

Hebat, sekitar 85 persen masyarakat dewasa Tsimane tidak memiliki risiko terkena penyakit jantung. Apa rahasianya?

Liputan6.com, Jakarta Peneliti menemukan, masyarakat Tsimane yang hidup di Amerika Selatan sebagai pemilik jantung tersehat di dunia. Apa yang istimewa dari mereka?

Masyarakat Tsimane yang hidup di Bolivia selama ini ternyata menjalani kehidupan dengan berburu dan mengumpulkan makanan. Gaya hidup tersebut, menurut peneliti, menjadikan risiko terkena penyakit jantung jadi rendah.

"Proses penuaan dalam diri mereka tidak seperti masyarakat sekarang, karena gaya hidup mereka lebih mirip dengan nenek moyang kita," kata Profesor Antropologi di University of New Mexico, Hillard Kaplan.

 

Masyarakat Tsimane pemilik jantung tersehat selama studi yang pernah ada dilakukan. (Foto: Telegraph)

Dalam studi yang dipublikasikan jurnal The Lancet, tim peneliti melakukan studi terhadap 705 orang dewasa Tsimane. Peneliti melakukan CT scan untuk mengetahui pengerasan pada arteri serta menghitung tekanan darah, detak jantung, dan peradangan mereka.

Hasilnya amat menarik. Sekitar 85 persen partisipan tidak memiliki risiko terkena penyakit jantung dan 13 persen lainnya memiliki risiko rendah terkena penyakit itu. Selain itu, masyarakat Tsimane memiliki tekanan darah, kolesterol, dan kadar gula darah rendah.

Trik Jenius Menjaga Buah dan Sayur Tetap Segar

Peneliti tidak mengetahui persis alasan masyarakat Tsimane berisiko rendah terkena penyakit jantung. Namun, peneliti memprediksi gaya hidup mereka yang memiliki peran besar terhadap hal tersebut.

Sehari-hari, masyarakat Tsimane menghabiskan waktu tinggi aktivitas fisik, hanya 10 persen yang minim bergerak. Bagaimana tidak, mereka menghabiskan sebagian besar waktu dengan berburu dan berkebun.

Jika melihat asupan makanan mereka pun amat baik. Masyarakat Tsimane mengonsumsi makanan tinggi serat setiap hari dan amat sedikit mengonsumsi konsumsi karbohidrat olahan. Sekitar 15 persen asupan makanan berasal dari daging dan ikan. Selain itu mereka juga jarang merokok.

Melihat hasil ini, peneliti mengatakan bukan berarti harus mengadopsi gaya hidup seperti masyarakat Tsimane. Melainkan mengaplikasikan beberapa hal seperti menjalankan gaya hidup sehat yang mengonsumsi banyak serat, aktif bergerak, dan tidak merokok demi jantung yang sehat hingga usia tua. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyakit jantung merupakan istilah umum dari semua penyakit yang menyerang jantung. Jantung koroner, bawaan, aritmia, gagal, infeksi jantung

    Penyakit Jantung

  • Jantung

Video Terkini