Sukses

Coba Ubah Posisi Tidur untuk Hentikan Dengkuran

Dengkuran yang terjadi saat tidur memang tak akan disadari oleh diri sendiri. Dengan cara berikut ini Anda dapat menghentikan dengkuran.

Liputan6.com, Jakarta Sekitar 45 persen orang dewasa tidur mendengkur atau mengorok. Kondisi tersebut disebabkan oleh beragam faktor, mulai dari gaya hidup hingga masalah sleep apnea pada kasus ngorok yang sudah tak normal.

Namun, sebelum Anda pergi ke dokter untuk mendapatkan solusinya, berikut cara praktis yang bisa dipraktikan untuk menghentikan dengkuran seperti dikutip laman Reader's Digest, Rabu (15/3/2017).

1. Ubah posisi tidur

Coba untuk mengubah posisi tidur miring ke sisi kanan atau kiri. Posisi ini akan membuka saluran hidung dan saluran napas Anda lebih lega sehingga membantu untuk mengehentikan dengkuran.

2. Turunkan berat badan

Berat badan yang terlalu besar dapat mempersempit jalan napas sehingga memicu dengkuran. Cobalah untuk menurunkan berat badan untuk meregangkan pernafasan.

3. Jam tidur yang teratur

Biasakan untuk mengistirahatkan otot tubuh dalam waktu yang cukup. Hindari tidur saat tubuh terasa sangat lelah karena ini dapat menyebabkan dengkuran.

4. Mandi air hangat

Mandi air hangat sebelum tidur dapat membantu membuka saluran hidung sehingga terhindar dari dengkuran yang parah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.