Sukses

Ternyata Tai Chi Bantu Anak Lebih Fokus Menyerap Pelajaran

Individu yang rutin melakukan tai chi mengalami pembaruan sel, keseimbangannya terjaga, serta fungsi otak meningkat.

Liputan6.com, Jakarta Tai chi, olah tubuh yang berasal dari Tiongkok ini umumnya digemari oleh individu lanjut usia. Olahraga yang menggabungkan fokus pada pernapasan dan gerakan lambat ini menjaga tubuh tetap segar dan awet muda bila dilakukan secara rutin.

Manfaat tai chi untuk membantu melawan penuaan bahkan telah dibuktikan oleh para ilmuwan di China Medical University Hospital, Taiwan. Individu yang rutin melakukan tai chi mengalami pembaruan sel, keseimbangannya terjaga, serta fungsi otak meningkat.

Mengenai manfaat tai chi terhadap peningkatan fungsi otak, sebuah sekolah di dekat Swindon, bagian barat daya Inggris menerapkan olahraga tersebut sebelum jam sekolah dimulai.

Melansir laman Ndt.tv, Selasa (14/3/2017), setiap pagi sebelum kelas dimulai, sekitar 56 siswa Broad Town School usia empat hingga 11 tahun melakukan tai chi selama 10 menit. Kebiasaan ini membantu pikiran dan tubuh mereka tetap rileks dan fokus.

"Tai chi membuat anak-anak menjadi lebih tenang dan fokus. Ini salah satu alasan kami bisa lebih unggul," jelas koordinator guru, Sue Ellis.

Menurut Ellis, murid-murid tersebut jadi lebih fokus mengikuti pelajaran menulis, membaca, serta berhitung di pagi hari setelah sebelumnya berlatih tai chi.

"Sebelum kelas dimulai hampir semua murid hiperaktif dan berlarian. Kondisi ini bukanlah kondisi yangbaik untuk memulai kelas," ujar Anne D'Souza, pengajar sekaligus praktisi tai chi yang mempelajari seni olah tubuh itu di Malaysia beberapa tahun lalu.

"Setelah melakukan tai chi, mereka menjadi lebih tenang dan rileks serta siap menerima pelajaran," lanjutnya.

Semula murid-murid tersebut tidak menanggapi serius kebiasaan melakukan tai chi sebelum kelas dimulai. Namun kini sebagian besar murid sangat menikmatinya. Setiap hari, pukul 09.00, mereka berkumpul di lapangan bermain, berbaris rapi dan mulai mengikuti gerakan tai chi--membungkuk dan melakukan peregangan--yang dipraktikkan guru mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini