Sukses

Pensiunan Bisa Punya Kualitas Tidur Lebih Baik

Pensiunan kemungkinan punya waktu tidur lebih baik dibanding saat mereka masih bekerja.

Liputan6.com, Amerika Serikat Ada banyak sisi yang dapat dilihat dari Anda yang sudah menjadi pensiunan. Anda akan punya lebih banyak waktu kegiatan bersantai dan terlepas dari berbagai beban pekerjaan yang selama ini dilakukan. Salah satu yang utama, kemungkinan Anda mulai bisa tidur lebih baik dibanding selama Anda masih bekerja.

Gangguan tidur menjadi lebih umum dialami pada orang yang telah berusia (tua). Penelitian menunjukkan, banyak orang yang lebih tua membuktikan gangguan tidur, menurut John Edward Swartzberg, profesor di University of California, Amerika Serikat.

Contoh, sebuah studi meneliti pekerja gas di Perancis dan perusahaan listrik dalam kurun waktu 7 tahun, baik sebelum dan sesudah pensiun.

Hasil menemukan, 26 persen pensiunan dari pekerja tersebut melaporkan gangguan tidur lebih rendah dibandingkan sebelum pensiun.

Kemajuan kualitas tidur sebagian besar dijelaskan dari faktor risiko sebelum pensiun, termasuk tuntutan tinggi psikologis di tempat kerja, kelelahan fisik dan mental, depresi, serta kegemukan," tulis para peneliti yang dipaparkan pada jurnal Sleep pada tahun 2009.

Pada Agustus 2012, studi yang diterbitkan dalam jurnal Sleep menemukan, pensiunan secara signifikan lebih kecil kemungkinan mengalami gangguan tidur dibandingkan orang yang tidak pensiun.

Pada penelitian selanjutnya, meskipun pensiunan kemungkinan besar akan pergi ke tempat tidur. Mereka cenderung bangun sebentar untuk mendapatkan lebih banyak jam tidur secara keseluruhan.

Penelitian tersebut diterbitkan pada Maret 2016. Peneliti berspekulasi, "Bekerja, terutama bekerja penuh waktu (full time) itu membebankan durasi dan pola waktu tidur yang tidak terpikirkan sebelumnya, tulis peneliti pada laman Health After 50, Kamis (9/3/2017).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini