Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

5 Waktu Vagina Butuh Istirahat Sejenak dari Sesi Bercinta

Ada waktu tertentu kapan vagina butuh istirahat dari sesi bercinta.

Liputan6.com, Amerika Serikat Jika Anda mengalami infeksi vagina, dokter akan menyarankan Anda tidak bercinta sebelum benar-benar pulih. Ternyata mengistirahatkan vagina baik dilakukan, terutama bagi wanita yang mengalami permasalahan serius pada vagina.

Pernyataan tersebut dikemukakan Cheryl Iglesias, seorang OB/GYN dan profesor di Georgetown University School of Medicine, Amerika Serikat.

Anda dan pasangan juga perlu mengetahui, beberapa situasi medis umum yang harus mengistirahatkan vagina dari sesi bercinta.

Setelah operasi panggul besar

Orang-orang yang telah melakukan operasi panggul, termasuk C-section (operasi caesar) atau histerektomi biasanya akan menerima pedoman ketat tentang kapan baiknya untuk berhubungan seks lagi.

Anda perlu menunggu sampai garis jahitan sembuh. Dalam banyak kasus, hubungan seksual dapat menunda proses penyembuhan.

Dalam perawatan ISK

Berhubungan seks dapat mendorong bakteri masuk ke dalam uretra, yang merupakan salah satu penyebab Infeksi Saluran Kemih (ISK). Dokter juga akan meresepkan antibiotik untuk mengobati infeksi, sesuai dikutip dari Huffington Post, Selasa (7/3/2017).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menderita vaginosis bakteri

Menderita vaginosis bakteri

Vaginosis bakter (BV) layaknya infeksi jamur yang tidak mudah hilang dan sering datang kembali secara misterius.

Meskipun Anda mungkin dapat mentolerir perasaan tidak nyaman dan bau amis, sebaiknya Anda harus istirahat untuk tidak melakukan seks selama BV.

BV disebabkan ketidakseimbangan bakteri. Perawatan, yang biasanya menggunakan gel vagina selama lima hari untuk mendapatkan tingkat pH vagina kembali ke normal.

Selama terkena STI

Anda dan pasangan tidak harus melakukan hubungan seks sampai Anda berdua melakukan perawatan terkait Sexual Transmitted Infections (STI).

Jika Anda tidak menggunakan kondom dan berhubungan seks, Anda hanya mengalami STI secara kambuhan dan terus-menerus.

Bagi orang-orang yang hidup dengan STI, seperti herpes, sebaiknya Anda harus menghindari seks sebelum, selama, dan setelah muncul lesi dan bisul pada vagina. Hal ini dikarenakan lesi dan bisul dapat menyebar melalui kontak langsung.

3 dari 3 halaman

Infeksi jamur

Infeksi jamur

Pil resep yang mengobati infeksi jamur dapat dikonsumsi selama tiga hari agar pil benar-benar bekerja. Ada pula supositoria OTC (obat yang dimasukkan lewat anus) supernyaman ketika Anda tidak bisa ke dokter.

Tapi Anda harus tetap menunggu untuk berhubungan seks sampai beberapa hari setelah selesai pengobatan.

Jaringan dalam vagina Anda dapat meradang karena penggunaan produk tersebut sehingga Anda perlu memberikan waktu (vagina) menenangkan diri.

Dalam kondisi ini, sebaiknya Anda tidak melakukan oral seks karena infeksi jamur dapat dikirimkan melalui mulut. Anda juga harus selalu mencuci mainan seks (sex toys) setelah mengetahui Anda mengalami infeksi jamur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini