Sukses

Tak Sekadar Lezat, Buah Ini Ternyata Ampuh Lawan Kanker

Khasiat nangka untuk melawan kanker sudah dikenal oleh peneliti Amerika dan Eropa.

Liputan6.com, Jakarta Khasiat nangka untuk melawan kanker sudah dikenal oleh peneliti Amerika dan Eropa. Khususnya, buah bergetah ini memiliki kemampuan untuk membunuh sel kanker kolon (usus besar).

Beberapa kandungan di dalam nangka juga telah dikenal memiliki banyak nutrisi seperti isoflavon, fitonutrien, lignan dan saponin yang mampu mencegah radikal bebas dan mencegah penyakit kronis.

Buah ini juga kaya akan serat dan membantu sistem detoksifikasi. Nangka dapat membantu melancarkan sirkulasi darah yang sehat dan kaya akan Vitamin A. Nangka merupakan sumber gula sederhana seperti fruktosa dan membantu memberikan energi instan.

Berikut kelima kandungan nangka yang terkenal untuk mencegah penyakit, seperti dilansir Boldsky, Jumat (24/2/2017):

1. Fitonutrien

Nangka mengandung fitonutrien untuk mencegah penyebaran sel kanker pada tahap pertama. Nangka juga dipercaya membantu menghilangkan sakit maag dan memperbaiki kondisi kesehatan secara keseluruhan.

2. Saponin

Kandungan ini dikenal sebagai pembunuh kanker yang sangat kuat. Saponin diketahui dapat menyerang lapisan luar sel-sel kanker yang tumbuh lebih ganas.

3. Lignan dan Isoflavon

Kandungan ini membantu menurunkan risiko kanker endometrium. Penelitian menunjukkan, wanita yang mengonsumsi isoflavon dan lignan, memiliki risiko kanker yang lebih rendah.

4. Perlindungan terhadap DNA

Karena kaya akan antioksidan, nangka melindungi sel DNA dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. 

5. Memperkuat sistem kekebalan

Nangka kaya akan Vitamin C dan gula sederhana dan karena itu, buah ini memperkuat sistem kekebalan tubuh. Nangka juga mengandung polisakarida yang membantu meningkatkan fungsi sel fagosit, yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini