Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

6 Ciri Vagina yang Sehat dan Normal

Wanita bisa mengenali ciri-ciri vagina yang sehat.

Liputan6.com, Amerika Serikat Tiap wanita ingin mengharapkan vagina yang tampak sehat. Tak heran, perawatan vagina seperti terapi uap vagina menjadi sesuatu yang didambakan wanita. Jika Anda sudah melakukan perawatan, Anda tentu ingin mengetahui, apakah vagina sehat atau tidak normal.

Untuk memastikan vagina yang dimiliki sehat atau tidak, Anda bisa mengenali ciri-ciri vagina, sesuai yang ditulis Fox News, Jumat (24/2/2017).

Alami nyeri

Melissa Goist, asisten profesor obstertik dan ginekologi di Ohio State University Wexner Medical Center, Amerika Serikat mengatakan, rasa nyeri selalu menjadi perhatian.

"Nyeri karena hubungan seksual dapat mengindikasikan masalah. Wanita bisa mendapatkan infeksi labial atau infeksi virus yang menyebabkan ketidaknyamanan tanpa keluar cairan yang abnormal," katanya.

Terasa gatal

Terasa gatal mengindikasikan vagina normal dan sehat, terutama pada daerah vulva. Tapi Dr Gelissa mengungkapkan, perasaan gatal yang terus-menerus dapat menunjukkan, vagina ada masalah.

Jika Anda menemukan, Anda benar-benar gatal sana secara terus-menerus, sebaiknya berbicara dengan dokter Anda karena pertanda itu bisa saja infeksi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Membengkak

Membengkak

Kondisi ini cukup umum bagi labia wanita yang membengkak tapi bisa saja ini menjadi masalah yang mengkhawatirkan.

"Vagina sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan sehari-hari, apa pun yang memengaruhi keseimbangan pH-nya juga akan memengaruhi bau, debit, dan pembengkakan pada vagina," katanya.

Jika vagina terlihat membengkak, hal ini bisa karena faktor antibiotik, spermisida, peningkatan frekuensi seks, ketidakseimbangan hormon yang disebabkan oleh kehamilan atau menyusui, dan perubahan diet, stres, dan olahraga.

Jika bengkak pada vagina tak kunjung sembuh padahal Anda sudah makan makanan yang sehat dan minum obat, sebaiknya Anda berbicara dengan dokter.

Keluar cairan

Cairan yang keluar bisa dikatakan normal dan sehat dengan warna bening atau putih. Tapi tanda-tanda terbesar, ada sesuatu yang berbeda bila cairan warna kuning atau hijau, yang lebih kental atau tekstur yang berbeda atau menjadi gatal atau bau.

3 dari 3 halaman

Alami keputihan

Alami keputihan

Smegma adalah keputihan atau kekuningan berupa penumpukan kotoran yang berkeliaran vagina.

"Antara urine dan keringat, vagina harus dibersihkan secara teratur agar mencegah kotoran dan penumpukan bakteri serta menghindari bau yang tidak menyenangkan, yang mungkin berkembang sepanjang hari," kata Gelissa.

Cara sederhana mengatasinya, Anda bisa menggunakan sabun ringan dan air di kamar mandi-tanpa lakukan douching (mencuci atau membilas vagina dengan cairan lain).

Muncul benjolan di labia

Ternyata vagina bisa jerawat. Vagina memiliki kelenjar keringat dan folikel rambut yang rentan terhadap penumpukan kotoran.

Untuk itu, Anda harus membersihkan vagina secara teratur demi mencegah penumpukan bakteri yang kotor, yang dapat menyebabkan jerawat dan bau busuk.

Jika Anda menemukan jerawat di daerah vagina, Anda bisa mengompresnya. Jika Anda tidak yakin, apakah vagina sehat atau tidak, tanyakan kepada dokter.

"Masalah vagina yang dibiarkan tanpa tindak lanjut dapat menyebabkan masalah jangka panjang dan masalah yang panjang itu dapat memakan waktu lebih lama untuk diobati," tutup Gelissa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini