Sukses

14 Fakta Unik tentang Ciuman yang Tak Anda Tahu

Sejumlah fakta soal ciuman memang menarik.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah fakta soal ciuman memang menarik. Selain bisa menyebarkan 80 juta bakteri, ciuman juga ternyata baik untuk kesehatan gigi.

Hal ini diungkap dokter gigi ternama di New York, Dr. Jeff Golub-Evans, Dr. Emanuel Layliev dari New York Center for Cosmetic Dentistry, dan President of the American Academy of Cosmetic Dentistry,Dr. Mickey Bernstein.

Tak cukup sampai di situ, ada fakta menarik lainnya yang perlu Anda tahu, seperti dilansir Discover Magazine, Rabu (22/2/2017):

1. Hanya manusia yang bisa melakukan jenis ciuman ekstrem. Ya, ketahuilah, bibir manusia berbeda dengan makhluk hidup lainnya.

2. Kera juga ciuman. Kita bukan satu-satunya spesies yang ciuman. Kera dewasa juga mencium pasangannya dengan menekan bibir untuk mengekspresikan kegembiraan, kasih sayang, atau rekonsiliasi.

3. Kenapa manusia ciuman? Ilmuwan juga ternyata tidak yakin alasannya. Yang jelas, berciuman sudah dilakukan sejak seorang manusia lahir ke dunia, khususnya pada fase makan pertama. Dengan menerima makanan, kemudian mengunyah, bayi belajar untuk menekan bibir dengan penuh kasih. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadi budaya di seluruh dunia

4. Kemungkinan lain adalah mencium ini telah lama menjadi budaya di seluruh dunia. Seiring waktu, hal ini menjadi hal yang lumrah untuk menunjukkan kasih sayang.

5. Ciuman tidak bersifat universal. Ahli antropolog Vaughn Bryant dari Texas A & M, berpikir, ciuman bisa dipelajari.

6. Ciuman membuat sistem kekebalan menjadi lebih baik. Dalam sebuah riset, ahli biologi evolusi, Claus Wedekind dari University of Lausanne di Swiss melaporkan bahwa ciuman bisa mencampurkan gen yang dapat menghasilkan keturunan dengan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

7. Kata ciuman (Kissing) telah ada dalam buku teks India berbahasa Weda, sejak 1.000 sampai 2.000 tahun yang lalu. Sebagian dari Satapatha Brahmana menyebutkan aturan mengenai ciuman dari mulut ke mulut.

8. Ciuman membuat bahagia. Saat berciuman, seseorang akan mengeluarkan hormon dopamin yang berkaitan dengan perasaan bahagia dan istimewa. 

 

3 dari 3 halaman

Mengurangi stres

9. Ciuman mengurangi stres. Keuntungan lain, ciuman juga dapat menurunkan tekanan darah dan mengoptimalkan respon imun.

10. Saat berciuman, seseorang akan cenderung memiringkan kepala ke kanan, kata psikolog Onur Gntrkn dari Ruhr-Universitas Bochum di Jerman.

11. Pria lebih suka bereksplorasi ciuman menggunakan lidah ketimbang wanita.

12. Pertukaran air liur dapat memberikan keuntungan reproduksi untuk laki-laki. Selama ciuman, pria lebih mudah menerima seks.

13. Wanita selalu fokus pada bau mulut pria saat ciuman. Psikolog evolusioner Gordon Gallup dari State University of New York di Albany menemukan bahwa ketika wanita memutuskan apakah akan mencium seseorang, dia akan memperhatikan napas dan gigi dari pasangan mereka.

14. Ciuman juga bisa jadi sumber penyakit mengingat bahwa salah satu mililiter air liur mengandung sekitar 100.000.000 bakteri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.