Sukses

Air Bawang Merah, Pengobatan Tradisional Saat Asma Kambuh

Liputan6.com, Jakarta Penyakit asma yang bisa kambuh kapan dan di mana saja tentu akan menganggu aktivitas penderitanya. Selain mengandalkan inhaler yang dikhususkan bagi penderita asma akut, rupanya khasiat dari bawang merah juga mampu meringankan asma. Percaya?

Bawang merah yang kaya antioksidan dan bersifat anti-inflamasi ini efektif untuk meredakan kekambuhan asma. Senyawa vitamin C dan sulfur yang hadir dalam bawang merah juga dikenal bersifat anti-bakteri dan anti-virus, sehingga beberapa studi mengklaim bahan dapur ini mampu memberikan efek baik untuk pasien asma.

Senyawa bernama quercetin dan cyanidin antosianin inilah yang dikenal mampu mengobati alergi termasuk asma. Mengutip laman Boldsky, Rabu (22/2/2017) berikut cara penggunaan bawang merah untuk meredakan asma.

Bahan:
Setengah kilogram bawang merah
6 sampai 8 sendok makan madu
300 gram gula merah
Dua buah lemon
5 sampai 6 gelas air

- Panaskan gula hingga meleleh dan tambahkan bawang merah yang telah dicincang halus.
- Aduk bahan tersebut hingga tercampur dan tambahkan air.
- Rebus bahan tersebut dan ambil air dari rebusan bahan tersebut.
- Diamkan hingga dingin, lalu campurkan perasan lemon dan madu.
- Masukkan dalam botol kaca dan simpan semalaman.

Bagi orang dewasa, minumlah satu sedok makan air bawang tersebut saat asma kambuh. Sementara, takaran untuk anak hanya satu sendok teh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.