Sukses

Nyoblos di Pilkada DKI 2017 Ternyata Bikin Anda Lebih Sehat

Terlibat dan memberikan hak suara Anda di Pilkada DKI 2017 atau pilkada daerah lainnya ternya bisa memberi manfaat kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Menyoblos untuk kandidat favorit Anda di Pilkada DKI 2017, atau Pilkada daerah lainnya ternyata baik untuk kesehatan.

Para peneliti mengatakan, mengekspresikan hak Anda untuk memilih membantu meningkatkan kesehatan mental, yang kemudian memberi kesehatan tubuh. Namun ternyata, ada beberapa orang yang lebih mendapatkan keuntungan dari mencoblos di Pilkada DKI 2017 atau pilkada daerah lain.

"Dalam pemilihan tertutup, seperti sekarang ini, perasaan di mana Anda bisa menciptakan perubahan menjadi lebih kuat. Orang-orang berpikir bahwa suara mereka memang benar-benar berarti," ujar Lynn Sanders, PhD, profesor pendamping departemen ilmu politik di University of Virginia, AS. "Hal itu mengubah upaya pemilihan suara menjadi usaha untuk memprotes dan berjuang."

Melansir WebMD, Rabu (15/2/2017), ketika Anda percaya telah melakukan sesuatu yang bisa membuat hidup lebih baik, di sinilah keuntungan psikologis Anda dapatkan, ujar Sanders. Dan semua keuntungan kesehatan fisik yang Anda dapatkan dari mencoblos berhubungan dengan manfaat kesehatan mental tadi.

Memang, manfaat mencoblos di Pilkada DKI 2017 tidak akan Anda rasakan secara langsung. Namun ada beberapa penelitian yang menunjukkan, menjadi warga negara yang aktif secara politik di negara demokrasi, bisa memberi manfaat bagi kesehatan Anda--melebihi asuransi kesehatan seperti BPJS yang disediakan oleh pemerintah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukung kesehatan fisik dan mental

Biasanya nasihat kesehatan yang Anda terima adalah, "minum obat ini," "makan lebih banyak buah dan sayuran," atau "berusahalah mengurangi stres."

Namun psikolog Marc Zimmerman mengatakan, bagian dari kesehatan yang baik secara umum adalah, dengan belajar bagaimana Anda bisa memberdayakan diri sendiri untuk mengambil kontrol. Kontrol di sini dimaksudkan untuk hal-hal yang memang bisa Anda kontrol, seperti, mencoblos.

"Terlibat dalam komunitas adalah bagian dari hal itu, dan mencoblos adalah salah satu caranya," ujar Zimmerman, yang juga adalah seorang profesor di University of Michigan's School of Health.

Mencoblos ternyata juga memberikan manfaat yang lebih besar bagi orang-orang yang paling berisiko.

Sanders baru-baru ini menyelesaikan sebuah penelitian yang menunjukkan, mencoblos membantu mengurangi stres psikologis dan gangguan kesehatan mental lainnya yang muncul karena tekanan ekonomi, politik, dan sosial.

Studinya menunjukkan, mencoblos dan terlibat dalam proses politik bisa menurunkan risiko masalah psikologi di masa depan. Terutama untuk orang-orang dengan sejarah depresi.

Sanders mengatakan, para psikolog telah lama menghubungkan keterlibatan dalam komunitas dengan kesehatan psikologis. Dan studinya membuktikan hal itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.