Sukses

7 Tips agar Diet Berhasil

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan selain berolahraga secara teratur, ialah dengan melakukan diet sehat.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu cara untuk menurunkan berat badan selain berolahraga secara teratur, ialah dengan melakukan diet sehat. Namun mungkin terkadang saat sedang melakukannya, Anda masih kesulitan menghindari kebiasaan kurang sehat yang akibatnya menghambat kemajuan diet yang sedang dilakukan.

Agar berhasil menurunkan berat badan, ada beberapa tips diet yang diberikan oleh seorang pendiri dari Breathe Life Healing Center dari Amerika, Brad Lamm, seperti yang dilansir dari Newbeauty, Selasa (14/2/2017) berikut ini:

1. Alihkan perhatian dari makanan

Ketika Anda memiliki hasrat untuk mengonsumsi makanan secara berlebihan, coba alihkan pikiran Anda dari hal tersebut.

“Otak adalah pendongeng yang hebat, jadi gunakan beberapa pengalihan agar perhatian Anda teralih dari makanan ke hal-hal lain, sehingga keinginan tersebut juga akan ikut mereda,” ujarnya.

Menurutnya, pengalihan perhatian yang bisa Anda lakukan misalnya menelepon seorang teman Anda untuk saling bercerita atau bergosip, mandi, membaca buku, ataupun mendengarkan musik. Dengan begitu diet Anda bisa tetap terjaga. 

2. Konsumsi makanan sehat

Lamm mengatakan, seringkali sejumlah kecil makanan sehat bisa menghilangkan rasa lapar berlebih. “Jika Anda suka susu, maka setengah gelas susu bisa mengisi perut Anda. Seperti saya, saya suka susu dan itu dapat mengisi perut saya," ujarnya.

3. Sembunyikan cemilan

Camilan merupakan salah satu penyebab gagal diet. “Hal ini sangat sederhana, yaitu coba sembunyikan camilan-camilan yang biasanya bisa membuat Anda makan secara berlebihan. Karena jika mereka tidak berada dalam jangkauan penglihata, maka camilan itu pun juga tidak akan seperti ‘memanggil-manggil’ Anda,” kata Lamm. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ubah rute jalan

4. Ubah rute jalan

“Jika Anda sadar bahwa melewati toko makanan yang Anda sukai sering menyebabkan diet Anda menjadi gagal, maka lebih baik ambil rute jalan yang berbeda,” kata Lamm.

5. Makan tidak terburu-buru

“Dibutuhkan setidaknya 20 menit bagi otak Anda untuk memberikan sinyal bahwa perut Anda sudah penuh. Jadi ketika sedang makan, coba berikan perut Anda jarak beberapa waktu agar otak bisa memberikan sinyal yang tepat pada tubuh Anda, sehingga Anda pun tidak makan secara berlebih,” katanya.

6. Air putih membuat Anda kenyang

“Mengisi perut dengan air putih akan membuat Anda jadi tidak makan terlalu banyak. Jadi, penting untuk meminum air putih saat Anda sedang makan, sehingga Anda pun cepat merasa kenyang,” kata Lamm.

7. Makan sedikit ubi jalar

“Menurut saya, selain sayuran kukus, pilihan yang terbaik adalah ubi jalar, karena mereka tidak hanya memenuhi hasrat Anda ketika ingin makanan manis, tetapi mereka juga dapat memenuhi rasa mengidam makanan berkarbohidrat dan makanan gurih," katanya.

Ia juga menambahkan, "selama Anda tidak memakannya bersama mentega, gula merah, dan bumbu-bumbu lain yang tidak memiliki kalori, maka ubi jalar merupakan pilihan yang tepat untuk Anda,” pungkas Lamm.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.