8 Cara Sehat Orangtua Rayakan Valentine Bersama Anak

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 14 Feb 2017, 12:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta Menurut para ahli kesehatan, hari Valentine merupakan hari besar bagi para orangtua untuk menunjukkan kasih sayang kepada anak-anak. Jika Anda sibuk kerja pada hari biasa dan kurang memerhatikan, apa yang anak Anda lakukan sehari-hari, Anda bisa mengubahnya di hari Valentine ini.

American Academy of Pediatrics (AAP) menyarankan, cara agar membuat anak-anak Anda merasa istimewa, tak hanya pada momen Valentine saja, melainkan pada hari libur bahkan tiap harinya.

Berikan contoh positif

Jadilah pribadi yang positif dan mendukung tatkala berbicara dengan anak-anak. Hindari ejekan dan sindiran. Berikan contoh yang baik soal bagaimana berhubungan dengan orang lain dan menggunakan kata-kata seperti "Aku minta maaf," "Silakan," dan "Terima kasih."

Respons kebutuhan emosional

Bersikaplah penuh cinta dan segera merespon kebutuhan emosional dan fisik anak-anak. Dengarkan apa yang dikatakan anak. Jika anak-anak berada dalam suasana hati yang buruk, beri mereka pelukan.

Menunda berbicara kepada anak sampai mereka berada dalam suasana hati yang lebih baik, seperti ditulis laman Helena Independent Record, Selasa (14/2/2017).

1 of 3

Kegiatan bersama anak

Lakukan kegiatan yang disukai anak

Anda dapat menghabiskan waktu dengan anak-anak melakukan kegiatan yang mereka nikmati dan mendorong anak menjadi aktif.

Misal, bersepeda, berjalan-jalan atau berolahraga. Anda bisa mematikan ponsel dan perangkat elektronik lainnya saat menghabiskan waktu dengan anak.

Buat kartu Valentine

Anda dapat membuat kartu hari Valentine. Kirimkan anak Anda, tak peduli usia berapa pun dengan kartu Valentine. Jangan lupa memberitahu anak-anak bahwa Anda mencintai mereka.

Gunakan penghargaan

Jangan menggunakan bentuk kekerasan hukuman. Anda dapat mulai menggunakan penghargaan dan batasan aturan sehingga anak terbiasa mengikuti aturan.

2 of 3

Kembangkan keterampilan anak

Kembangkan keterampilan anak

Cobalah membacakan buku untuk anak-anak ketika mereka berusia 6 bulan. Hindari TV selama dua tahun pertama usia kehidupan. Tatkala mereka lebih tua, Anda bisa memonitor dan membatasi komputer maupun video game.

Bantu anak-anak mengembangkan keterampilan dan kemampuan dengan menyediakan barang dan petunjuk yang dibutuhkan anak.

Makan sehat

Ajari anak makan makanan sehat. Rencanakan menu untuk berbelanja bahan sebagai persiapan membuat makanan.

Perhatikan kesehatan anak

Bawa anak-anak ke dokter secara teratur untuk perawatan. Hal ini mengajarkan mereka bagaimana cara menghindari cedera, memberikan anak dengan makanan sehat dan bergizi.

Pastikan anak mendapatkan banyak tidur dan aktivitas fisik. Bantu mereka mengembangkan hubungan yang positif dengan saudara, teman, tetangga, dan orang lain.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait