Sukses

Ibu yang Hamil Bayi Kembar Disarankan Makan Kismis, Kenapa?

Hamil bayi kembar, ibu bukannya harus menambah porsi makan, tapi memilih makanan dengan gizi dan nutrisi yang baik.

Liputan6.com, Jakarta Ibu yang sedang mengandung bayi kembar tentu memiliki kebutuhan gizi lebih. Bukan berarti ibu harus menambah porsi dua kali lipat karena ada dua janin di dalam perut, tapi dengan mengontrol dan memilih jenis makanan dengan gizi dan nutrisi yang baik.

Menghitung kalori, protein, karbohidrat, energi, dan zat besi sangat dianjurkan bagi ibu saat mengandung bayi kembar. Hal tersebut berguna untuk memperkuat janin serta menghindari bayi cacat lahir.

Seperti kismis, jenis makanan ini mengandung asam folat dan vitamin B yang mampu bekerja secara maksimal mengurangi risiko bayi lahir cacat. Menambahkan kismis dalam sereal di pagi hari yang ditambah satu porsi susu dapat menggantikan asam folat yang ibu dapatkan dari suplemen atau multivitamin prenatal.

Mengutip Verywell, Selasa (7/2/2017) berikut empat jenis makanan lainnya yang wajib dikonsumsi ibu yang mengandung bayi kembar.

1. Yoghurt

Kalsium yang kaya dalam yoghurt dapat membantu perkembangan tulang bayi kembar sekaligus jadi sumber protein yang baik.

Namun, ibu harus mewaspadai produk yoghurt yang mengandung gula dan lemak. Sebaiknya konsumsi yoghurt tanpa lemak, atau mengolah yoghurt sendiri dengan menambahkan buah atau madu untuk rasa manisnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Udang

Makanan laut yang lezat dan bergizi ini merupakan sumber protein rendah lemak, selenium dan vitamin D yang baik dikomsumsi ibu hamil dengan bayi kembar.

3. Pepaya

Mengonsumsi pepaya selama mengandung akan memberikan enzim proteolitik kepada ibu dan janin serta membantu ibu melancarkan pencernaan. Vitamin C yang baik dalam pepaya juga dibutuhkan oleh ibu. Selain itu, pepaya juga dapat mengurangi morning sickness.

4. Bayam

Sayuran hijau satu ini kaya akan kalsium, asam folat, vitamin K, dan zat besi yang dapat mencegah bayi kembar lahir cacat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini