Sukses

Mengenal Psoriasis, Penyakit yang Dialami Istri Caisar YKS

Individu usia berapa pun bisa terkena psoriasis. Namun penyebab pasti penyakit ini belum diketahui hingga kini.

Liputan6.com, Jakarta Istri Caisar Putra Aditya, Indadari Mindrayanti, dikabarkan menderita psoriasis sejak delapan tahun lalu. Malah sebenarnya gejala penyakit kulit tersebut telah dirasakan Indadari sejak masih kecil, hanya saja tak dia sadari.

Indadari baru mulai menyadari terkena psoriasis ketika hamil anak pertama Caisar. "Katanya ini dari kecil, tapi aku baru saat hamil anak pertama. Caisar juga sudah tahu. Dari awal mau nikah dia tahu dan nerima aku apa adanya," ujar Indadari.

Psoriasis adalah jenis penyakit kulit tak menular terkait autoimun dan bersifat kronis. Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin, Tjut Nurul Alam Jacoeb, psoriasis ditandai dengan bercak tebal kemerahan di kulit yang ditutupi oleh pengelupasan, seperti sisik putih berlapis dan berbatas tegas.

"Kalau sudah sangat kering, dia akan merekah dan berdarah," kata dr Tjut Nurul.

Individu usia berapa pun bisa terkena psoriasis. Namun penyebab pasti penyakit yang juga diderita Kim Kardashian ini belum diketahui hingga kini. Faktor genetik dan lingkungan yang dapat mengubah sistem regulasi sel-sel kulit diduga berperan memicu penyakit ini.

Psoriasis bisa muncul di beberapa bagian tubuh pasien seperti di area kulit siku dan lutut, kulit kepala, punggung, pinggul belakang, bokong, bahkan kelamin.

Selain itu, karena bersifat kronis (menahun), penyakit ini akan terus dialami pasien seumur hidup. Oleh sebab itu pasien perlu mengelola faktor-faktor yang diduga menjadi pencetusnya agar psoriasis tidak kambuh.

Beberapa faktor yang diduga pencetus psoriasis antara lain demam, sakit tenggorokan, kesehatan gigi dan mulut, cuaca ekstrem, kelelahan fisik, dan stres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini