Sukses

5 Hal yang Bikin Anda Alami Mimpi Buruk

Lantas, kira-kira apa ya penyebab kita mengalami mimpi buruk?

Liputan6.com, Jakarta Salah satu hal yang mengganggu lelapnya tidur malam Anda adalah mimpi buruk. Terkadang mimpi buruk itu terasa begitu nyata sampai-sampai kita masih bergidik mengingatnya ketika bangun.

Lantas, kira-kira apa ya penyebab kita mengalami mimpi buruk? Berikut lima hal yang kabarnya bisa memicu timbulnya mimpi buruk, dilansir dari laman Purewow, Senin (6/2/2017).

1. Konsumsi keju

Sebuah studi yang dilakukan oleh British Cheese Board menemukan, kudapan favorit Anda mungkin bertanggung jawab atas mimpi buruk atau aneh yang Anda alami tadi malam. Bahkan, tipe keju tertentu yang Anda konsumsi bisa menyebabkan berbagai mimpi berbeda. Misalnya, konsumsi keju cheddar maka Anda kemungkinan besar akan bermimpi tentang selebritas. Sementara keju biru (blue cheese) akan membuat mimpi Anda dipenuhi bentuk-bentuk visual yang aneh.

2. Konsumsi melatonin

Melatonin dikenal cukup luas sebagai suplemen untuk membantu tidur lelap dan meningkatkan siklus REM. Menurut laporan penelitian dari University of Maryland Medical Center, suplemen jenis ini bisa menyebabkan mimpi aneh dan ekstrem.

3. Mengudap sebelum tidur

Makan malam terlalu dekat dengan waktu tidur akan meningkatkan suhu tubuh dan metabolisme. Para peneliti di University of Montreal juga menujukkan korelasi antara seberapa larut makan malam Anda dengan berlangsungnya mimpi  buruk.

4. Tertidur dengan tv menyala

Bukan hanya tayangan tv yang bisa masuk ke benak Anda ketika tidur. Suara, dialog apa pun dari acara tv yang tayang ketika Anda tertidur di sofa bisa menyebabkan impian juga jadi aneh. Jadi matikan tv serta perangkat elektronik lainnya.

5. Stres

Ketika pikiran Anda dipenuhi dengan pekerjaan dan keluarga, maka otak Anda cenderung lebih aktif sehingga meningkatkan kemungkinan mimpi buruk. Demikian yang dipaparkan oleh Mayo Clinic.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mimpi buruk atau nightmares adalah mimpi yang mengganggu dan terasa nyata. Anda dapat terbangun dari tidur nyenyak dengan rasa takut

    Mimpi Buruk