Sukses

Pentingnya Konjac Sponge bagi Kesehatan Kulit Wajah

Konjac sponge, yang terbuat dari akar tumbuhan konjac, bisa membantu Anda menjaga kesehatan dan kebersihan kulit wajah.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda ingin memastikan kesehatan dan kebersihan kulit wajah, gunakanlah konjac sponge.

Apa itu konjac sponge? Konjac sponge adalah produk perawatan kecantikan yang berasal dari Asia Timur yang bisa membersihkan kulit dan pori-pori yang tersumbat. Dan karena konjac sponge juga berfungsi seperti eksfoliator, menjadikannya suatu keharusan bagi mereka dengan kulit sensitif dan mudah berjerawat.

Konjac sponge digunakan bersama dengan cairan pembersih wajah. Jika hal ini terdengar aneh bagi Anda, simak penjelasan dokter spesialis kulit dan direktur penelitian klinis di Marmur Medical, Dr. Melisa Kanchanapoomi Levin, melansir Byrdie, Rabu (25/01/2017).

Apa itu konjac sponge?

Tumbuhan konjac sebelum dijadikan spons. (Sumber: Fashionista)

"Konjac sponge adalah spons pembersih yang terbuat dari serat karet alami yang berasal dari akar sayuran bernama konjac, yang ditemukan di Asia bagian timur," jelas Dr. Levin.

Apa kegunaan konjac sponge?

Menurut Dr. Levin, kegunaan utama konjac sponge adalah untuk mengkat kotoran, polutan, dan minyak. Walau dia biasanya merekomendasikan tangan untuk mencuci wajah dibandingkan alat lainnya, Dr. Levin mengingatkan bahwa tak hanya konjac sponge bisa membersihkan kulit secara efektif, tapi bisa mengakat sel kulit mati.

Inilah yang membuat konjac sponge sangat efektif untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Tipe kulit apa yang perlu menggunakan konjac sponge?

Dr. Levin merekomendasikan penggunaan konjac sponge untuk berbagai jenis kulit, termasuk kulit yang rentan jerawat, rentan komedo, dan kulit berminyak untuk membantu menghilangkan penyumbatan pori.

Dia juga menyarankan mereka yang kulitnya sensitif, kering, dan rusak karena sinar matahari. Ini karena konjac sponge bisa mengangkat sel kulit mati. Begitu juga dengan mereka yang sering menggunakan makeup atau suncreen tebal.

Walau konjac sponge bagus untuk berbagai jenis kulit, namun Dr.Levin memperingatkan untuk berhati-hati menggunakan spons ini bagi mereka yang menderita eczema atau psoriasis di wajah. Termasuk juga mereka yang menggunakan krim perawatan yang mengandung retinoid/retinol.

"Konsultasikan dengan dokter kulit Anda sebelum mulai menggunakan konjac sponge," ujar dokter untuk kesehatan kulit ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Pakai Konjac Sponge

Bagaimana cara yang benar menggunakan konjac sponge?

Rendam atau siram konjac sponge dengan air hangat sebelum digunakan. (Sumber: Style & Sound)

Jika Anda menggunakan konjac sponge atau berencana untuk menggunakannya, Dr. Levin menyarankan untuk merendam spons dalam air hangat selama beberapa menit, lalu menuangkan beberapa tetes cairan pembersih ke spons tersebut.

Setelahnya, cuci wajah secara perlahan menggunakan air hangat. Jika Anda memiliki jerawat terbuka, atau abrasi di wajah, Dr. Levin mengingatkan untuk menghindari area tersebut.

Bagaimana cara membersihkan konjac sponge?

"Cuci konjac sponge Anda dengan air hangat, dan peras sampai semua airnya keluar pastikan konjac sponge sudah benar-benar kering dan diletakkan di tempat terbuka di antara penggunaan. Dan jangan simpan konjac sponge di kamar mandi, namun di tempat yang sejuk dan kering," jelas Dr. Levin.

Dan karena spons ini tidak bisa membersihkan dirinya sendiri, jangan lupa untuk mengganti konjac sponge Anda setiap 4 minggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.