Sukses

Pereda Nyeri Alami Hanya untuk 10 Masalah Kesehatan Ini

Sebelum Anda mengonsumsi obat pereda rasa sakit yang bisa didapatkan di apotek, tak ada salahnya mencoba pereda nyeri alami berikut.

Liputan6.com, Jakarta Ketika tubuh mengalami nyeri, tindakan yang lazim Anda lakukan tentunya mencari pereda rasa nyeri atau sakit. Namun, pereda rasa sakit tidak benar-benar mengatasi penyakit, melainkan hanya meredakan sakit selama beberapa waktu saja.

Sebelum Anda mengonsumsi obat pereda rasa sakit yang bisa didapatkan di apotek, tak ada salahnya mencoba pereda nyeri alami seperti dilansir dari laman Boldsky, Selasa (24/1/2017):

1. Nyeri otot

Jahe baik untuk kesehatan karena bisa membantu meredakan nyeri sendi atau otot karena mengandung gingerol, senyawa yang memicu pelepasan hormon pereda nyeri.

2. Sakit gigi

Cengkeh dapat meredakan sakit gigi dan gusi. Senyawa eugenol dalam cengkeh bertindak sebagai penenang sehingga efektif meredakan sakit.

3. Heart burn

Cuka apel kaya akan asam malat serta asam tartarat yang membantu proses pencernaan. Senyawa tersebut mempercepat proses memecah lemak dan protein serta mengosongkan perut sebelum makanan mencapai esofagus. Dengan demikian senyawa dalam cuka apel mencegah kondisi heart burn

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sakit telinga

4. Sakit telinga

Minyak bawang putih hangat mengandung sulfur dan selenium sehingga ampuh mengatasi nyeri akibat bakteri. Bubuhkan beberapa tetes minyak pada telinga yang terinfeksi selama lima hari untuk membantu mengurangi sakit.

5. Sakit kepala

Mengonsumsi semangkuk cherry setiap hari pun bisa menyembuhkan sakit kepala. Buah cherry mengandung anthocyanin yang bertindak sebagai anti-inflamasi.

6. Gangguan kesehatan di perut

Makan ikan seperti sarden, trout, tuna, dan salmon meredakan masalah pencernaan dan radang usus. Jenis ikan yang sudah disebutkan juga mengandung zat anti-inflamasi yang akan meningkatkan fungsi saluran pencernaan. 

 

3 dari 3 halaman

PMS

7. PMS

Youghurt yang kaya kalsium dan mineral membantu menenangkan sistem saraf dan mencegah gejala pra-menstruasi.

8. Nyeri kronis

Nyeri kronis seperti arthritis bisa disembuhkan dengan kunyit. Bumbu dapur ini mengandung curcumin yang menghalau bakteri penyebab timbulnya nyeri.

9. Nyeri endometrium

Endometriosis adalah kondisi yang muncul ketika sedikit dinding rahim tumbuh di luar rahim sehingga menyebabkan sakit. Konsumsi oats yang bebas gluten bisa membantu mengatasi gangguan ini.

10. Sakit kaki

Garam memiliki kandungan anti-bakteri, anti-inflamasi yang membantu menyembuhkan infeksi di kaki. Merendam kaki dalam campuran air hangat dan garam juga memberi dampak baik pada kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini