Sukses

Kenali Tiga Tingkatan Luka Bakar dan Cara Mengobatinya

Kenali tingkatan-tingkatan luka bakar agar bisa memberikan penanganan yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta Luka bakar memiliki tiga tingkatan, yang bisa dilihat dari besar dan bentuknya. Melansir Mayoclinic, Jumat (20/01/2017) berikut tiga tingkatan luka bakar:

1. Tingkat pertama

Luka bakar tingkat pertama adalah yang paling ringan. Luka bakar di tingkat ini terjadi hanya pada lapisan kulit luar, yang bisa menyebabkan:

- Kemerahan
- Bengkak
- Sakit

Anda biasanya bisa mengobati sendiri luka bakar tingkat satu. Bila luka besar terjadi secara besar di tangan, kaki, wajah, selangkangan, bokong, atau persendian, cari bantuan profesional.

2. Luka bakar tingkat dua

Luka bakar tingkat dua lebih serius, dan bisa menyebabkan:

- Kulit merah, putih atau mengelupas
- Bengkak
- Sakit
- Lepuhan

Jika luka bakar tingkat dua ukurannya tak lebih dari 7cm, obati selayaknya luka bakar tingkat satu. Jika luka bakar lebih besar, dan terjadi pada tangan, kaki, selangkangan, bokong, atau persendian, anggap sebagai luka bakar serius dan segera cari bantuan dokter.

3. Luka bakar tingkat tiga

Luka bakar tingkat tiga adalah luka bakar yang paling serius dan melibatkan seluruh jaringan kulit, dan lemak di bawahnya.

Otot dan bahkan tulang bisa dipengaruhi oleh luka ini. Area yang terbakar bisa terlihat hitam atau putih. Orang yang mengalaminya akan merasakan:

- Kesulitan bernapas
- Keracunan karbon monoksida
- Efek keracunana lain jika terjadi penghirupan asap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Luka bakar merupakan kondisi yang timbul akibat pajanan panas suhu sedang – tinggi terhadap kulit tubuh.

    Luka Bakar