Sukses

Saran Penting bagi Keluarga Pasien Kanker Anak

Keluarga harus memberi dorongan psikis demi kesembuhan pasien kanker anak.

Liputan6.com, Jakarta Direktur RSUP Dr. Sardjito Syafak Hanung mengatakan keberhasilan pengobatan kanker bergantung pada peran pasien dan keluarga. Artinya, keluarga harus memberi dorongan psikis demi kesembuhan pasien kanker.

"Termasuk rajin mengantar pengobatan secara rutin," ujarnya saat memberi sambutan dalam acara aksi peduli pasien kanker anak di RSUP Dr. Sardjito, Senin (16/1/2017). 

Pasien kanker anak di RSUP Dr Sardjito berkisar 300-400 orang yang didominasi oleh leukemia sebanyak 75 persen.

Bentuk dorongan lainnya, tutur Syafak, dengan menciptakan suasana gembira dan nyaman yang dirasakan pasien akan sangat membantu.

Ia mengungkapkan, kekurangan obat kanker yang melanda seluruh rumah sakit di Indonesia beberapa waktu lalu juga sudah terselesaikan. Obat kanker dari luar negeri yang selama ini digunakan sudah tidak teregistrasi lagi. RSUP Dr. Sardjito melalui skema khusus menghubungi Kementerian Kesehatan dan obat dari luar negeri tersebut bisa langsung didatangkan ke rumah sakit.

Informasi yang dihimpun, pasien kanker anak di RSUP Dr Sardjito berkisar 300-400 orang yang didominasi oleh leukemia sebanyak 75 persen. Setiap tahun bertambah 70-80 pasien baru anak yang mengidap leukemia. (Switzy Sabandar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.