Sukses

Usus Buntu, Apa Fungsinya?

Usus buntu kerap dianggap sebagai bagian tubuh yang tidak berguna.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat usus buntu di saluran pencernaan beberapa waktu lalu masih menjadi misteri. Bagaimana tidak, bagian ini sering menyebabkan sakit hingga kemudian memerlukan pembedahan untuk membuang bagian tersebut. Namun, herannya meski usus buntu harus dibuang, ini tidak menimbulkan masalah bagi pasien. Nah, sebenarnya apa manfaat kehadiran usus buntu di tubuh kita?

Ya, usus buntu kerap dianggap sebagai bagian tubuh yang tidak berguna. Namun hasil studi dari Midwestern University, Amerika Serikat menyebutkan, kehadiran usus buntu bermanfaat bagi tumbuhnya bakteri baik di usus.

Hal ini diketahui setelah Profesor Heather Smith mempelajari usus serta karakteristik lingkungan di sekitarnya dari 553 mamalia. Beberapa hewan, seperti primata dan kelinci memiliki usus buntu. Sementara kucing dan anjing tidak memilikinya.

Hewan yang memiliki usus buntu cenderung mempunyai konsentrasi jaringan limfoid yang lebih tinggi. Kehadiran jaringan limfoid ini beperan penting dalam menjaga imunitas tubuh seperti mengutip Independent, Selasa (17/1/2017).

Kehadiran jaringan ini, kata Smith, mampu merangsang pertumbuhan bakteri baik yang kemudian tersimpan di usus buntu. Ketika usus buntu diangkat, orang-orang tersebut cenderung memiliki kemampuan sembuh lebih lama dari beberapa penyakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini