Sukses

Pisang dan Brokoli untuk Redakan Nyeri Haid

Makanan bisa membuat nyeri haid berkurang atau justru memperparahnya.

Liputan6.com, Jakarta Wanita yang sedang haid biasanya akan mengalami kram perut yang menyakitkan juga perut kembung. Tak jarang, kondisi ini membuat sebagian besar dari mereka kehilangan nafsu makan. Padahal, makanan sangat penting bagi wanita yang sedang haid.

Makanan bisa membuat nyeri haid berkurang atau justru memperparahnya. Kalsium dan vitamin D telah dipercaya dapat mengatasi Premenstrual Syndrome (PMS). Penelitian yang dilakukan pada 3 ribu wanita menunjukkan, mengonsumsi prosuk susu kaya kalsium dan tambahan vitamin D, dapat mengurangi risiko PMS hingga 40 persen.

Dilansir Rodalle Wellness, Selasa (10/1/2017), tujuh makanan ini dapat meredakan nyeri haid karena kandungan kalsium dan vitamin D yang cukup tinggi.

1. Brokoli
Brokoli merupakan salah satu keluarga kubis yang mengandung vitamin A, B6, C dan E juga kalsium mineral, potasium dan magnesium. Semua kandungan ini dapat mengatasi gejala PMS termasuk mood yang menurun dan nyeri haid.

2. Bayam dan kale
Kedua sayuran berdaun hijau ini mengandung kalsium tinggi. Bayam dan kale juga mengandung vitamin B6 dan E yang kaya magnesium untuk mengatasi mual dan sakit perut saat haid.

3. Labu dan biji bunga matahari
Kedua makanan ini mengandung vitamin E yang dapat mengatasi kram perut saat haid. Labu dan biji bunga matahari juga mengandung seng, yang dapat mengurangi kembung dan nyeri haid. Selain itu, biji bunga matahari juga kaya vitamin B6 yang mendukung penyerapan seng dan magnesium untuk mengatasi nyeri pada perut. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gandum

4. Gandum
Gandum atau oat merupakan salah satu makanan terbaik bagi wanita yang mengalami sakit di perut saat haid. Kandungan seng dan magnesium pada gandum dipercaya dapat menyembuhkan kram perut akibat menstruasi.

5. Biji wijen
Selain memiliki aroma yang khas, biji wijen juga mengandung asam lemak sehat yang dapat membuat otot perut Anda lebih santai sehingga dapat meredakan kram. Biji wijen kaya akan vitamin B, kalsium dan magnesium yang dapat meredakan gejala PMS.

6. Kacang dan selai kacang
Keduanya mengandung vitamin B6 dan magnesium yang tinggi. Magnesium dapat mengontrol serotonin, senyawa yang bisa memberi rasa nyaman dan melawan depresi. Sementara magnesium bisa meningkatkan suasana hati yang menurun saat PMS atau haid. Selain itu, magnesium juga bisa mengurangi perut kembung.

7. Pisang
Buah pisang mengandung vitamin B6 dan potasium yang dapat mencegah retensi air, perut kembung dan mengatasi kram perut saat haid tiba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini