4 Kebiasaan Baik yang Ternyata Buruk untuk Tubuh Kita

Oleh Melodia pada 07 Jan 2017, 16:00 WIB
Kebiasaan Baik

Liputan6.com, Jakarta Hampir semua orang berusaha untuk memiliki rutinitas yang baik yang bertujuan untuk merawat kesehatan tubuh mereka. Namun, ada beberapa kebiasaan baik tapi menyimpan potensi yang buruk bagi tubuh.

Berikut empat kebiasaan baik yang ternyata buruk untuk tubuh kita, seperti dilansir dari Times of India, Sabtu (7/1/2016)

1. Meminum terlalu banyak air

Asupan air yang cukup bisa mencegah penyakit ginjal, menjaga sistem pencernaan tetap sehat, dan menjaga kelembaban kulit, serta meningkatkan mood Anda.

Namun, jika Anda berlebihan meminum air putih, Anda bisa mengalami keracunan air. Keracunan air, atau juga dikenal sebagai hiper hidrasi, merupakan gangguan fatal pada fungsi otak sebagai hasil dari ketidakseimbangan elektrolit pada tubuh hingga batas tidak aman akibat dari hidrasi yang berlebihan.

2. Menggosok gigi setiap habis makan

Apakah Anda terobsesi dengan kebersihan gigi Anda, sehingga Anda harus menggosoknya setiap Anda selesai menyantap makanan Anda?

Kurangilah kebiasaan tersebut karena justru akan merusak gigi Anda, karena asam dari beberapa makanan yang mengandung sitrus, cola atau minuman olahraga, bisa melunakkan enamel gigi Anda.

Dan dengan menggosok gigi Anda ketika enamel masih dalam keadaan lunak justru bisa meningkatkan kecepatan efek buruk yang ditimbulkan oleh asam-asam tersebut, yang justru bisa mengikis lapisan dibaliknya.

3. Duduk terlalu tegak

Seringkali kita disuruh untuk duduk yang tegak karena duduk dengan posisi yang tegak baik bagi kesehatan dan postur tubuh kita. Namun sebuah studi mengungkapkan, duduk tegak (dengan sudut 90 derajat) sebenarnya berbahaya dalam jangka panjang. Posisi terbaik untuk duduk adalah dengan menyandar kebelakang dengan kemiringan sekitar 135 derajat.

4. Menggunakan pembersih tangan

Jika Anda terobsesi dengan kebersihan dan sudah terbiasa menggunakan cairan pembersih tangan sepeti menggunakan pelembab, Anda harus menghentikan kebiasaan tersebut sekarang juga.

Triclosan, bahan aktif yang terdapat didalam cairan pembersih tangan, bisa membunuh bakteri baik pada tangan Anda dan membuat bakteri kebal antibitok bertumbuh ditangan.

Nah, sekarang sudah tahu kan, kebiasaan baik yang mungkin sering banget Anda lakukan buruk bagi tubuh kita bila dilakukan terlalu berlebihan.

Tag Terkait