Sukses

Ceroboh, Kebas, dan Tanda Lain Tumor Otak yang Harus Diwaspadai

Ceroboh, mati rasa, pandangan kabur, adalah beberapa tanda tumor otak yang harus Anda waspadai.

Liputan6.com, Jakarta Tumor otak muncul dalam berbagai bentuk dan ukuran--begitu juga dengan gejalanya. Melansir Prevention, Kamis (05/01/2017), Theodore Schwartz, MD, seorang dokter bedah saraf di Weill Cornell Brain and Spine Center mengatakan, kunci dari tanda tumor otak berada pada letaknya.

Misalnya, jika Anda memiliki tumor otak yang letaknya di bagian yang mengontrol tangan dan penglihatan, maka gejala Anda akan berupa lemahnya tungkai tangan atau penglihatan yang kabur, ujar Schwartz.

Jika Anda mengingat bahwa semua sel di otak bisa membentuk tumor, dan bahwa otak mengontrol dan menerjemahkan semua informasi dari setiap bagian tubuh, maka gejala yang mungkin muncul saat adanya tumor jadi tak terbatas. "Hampir segalanya mungkin," jelas Schwartz.

Namun tetap saja, beberapa tanda dan gejala lebih sering muncul dibanding yang lain. Berikut beberapa tanda tumor otak yang harus Anda waspadai:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kejang

Kejang (Sumber: Prevention)

Apapun tipe tumor Anda, kejang sering kali jadi tanda masalah yang pertama. "Iritasi yang disebabkan tumor membuat saraf otak jadi tak terkontrol, dan Anda jadi mengalami gerakan yang tidak normal," ujar Schwartz.

Seperti tumor, kejang juga bisa muncul dalam berbagai bentuk. Anda bisa mengalami kejang di seluruh tubuh, atau hanya pada satu bagian tubuh atau wajah.

2. Kecerobohan

Jika Anda sering tersandung, harus berusaha keras untuk membuka kunci, atau susah mempertahankan keseimbangan, maka ada baiknya waspada. Kecerobohan yang muncul di lengan, tangan, dan kaki bisa jadi tanda bahaya, jelas Schwartz.

Mengalami kesulitan berbicara, menelan, atau mengontrol ekspresi wajah adalah kecerobohan lain yang bisa muncul karena gangguan di otak Anda.

3 dari 4 halaman

3. Kebas

Kebas (Sumber: Prevention)

Sama halnya dengan kecerobohan, mati rasa di suatu bagian tubuh atau muka adalah sesuatu yang harus Anda waspadai. Terutama jika tumor terbentuk di stem otak--tempat di mana otak terhubung dengan sumsum tulang belakang--Anda mungkin akan mengalami mati rasa dan gerakan yang ceroboh.

4. Perubahan memori atau pikiran

Walau memang benar tumor bisa membuat perilaku atau kepribadian seseorang berubah, perubahan yang radikal--seperti dalam film--sangatlah jarang. Orang dengan tumor lebih sering mengalami kesulitan mengingat, merasa bingung, atau, seperti kata Schwartz, mengalami masalah berpikir yang tidak terlalu dramatis.

5. Mual

Merasa mual atau tidak nyaman di perut, terutama jika gejala ini terjadi terus-menerus dan tanpa alasan, juga bisa jadi salah satu tanda adanya tumor.

4 dari 4 halaman

6. Perubahan penglihatan

Pandangan kabur (Sumber: Prevention)

Pandangan kabur, penglihatan jadi ganda, atau hilangnya penglihatan semuanya diasosiasikan dengan tumor, kata Schwartz. Anda juga bisa tiba-tiba melihat titik-titik atau bentuk yang melayang-layang di pandangan--atau yang biasa dikenal sebagai aura.

7. Sakit kepala janggal

Walau kebanyakan orang mengasumsikan sakit kepala sebagai tanda awal dari tumor otak, kenyataan tak selalu demikian. "Sakit kepala hanya muncul disertai dengan tumor yang sangat besar, namun sakit kepala bukan gejala pertama yang umum," jelas Schwartz.

Jadi tak usah langsung panik setiap Anda mengalami sakit kepala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini