Sukses

11 Cara Meraih Hidup Positif di Tahun 2017

Anda bisa memulai hari dengan menanamkan hidup yang positif.

Liputan6.com, Jakarta Memasuki hari baru di tahun 2017 serangkaian resolusi pasti terbayang-bayang di pikiran Anda. Salah satu langkah kecil memulai tahun, dapat ditujukan pada kesehatan dan perawatan diri Anda. Tanam hidup positif pada diri sendiri.

Jika Anda sudah menanamkan pikiran positif, segala hambatan dan tantangan dapat dihadapi dengan mudah. Dilansir dari laman Respect Your Self, Selasa (3/1/2017), Dr Pam Spurr, seorang ahli seks dan perilaku memberikan tips agar Anda memeroleh kehidupan positif.

1. Buang suara negatif

Buanglah suara negatif di kepala Anda. Suara-suara seperti, "Saya tidak berguna, Tidak ada yang menyukai saya" dapat diganti dengan "Saya akan mulai mencoba hal-hal baru, Saya adalah pribadi yang menyenangkan."

2. Konsumsi makanan sehat

Apa yang Anda makan memengaruhi sikap. Bila Anda lebih senang makanan cepat saji, sebaiknya ganti dengan makanan yang sehat. Hindari minuman bersoda karena zat gula dan aditif yang membuat suasana hati tidak mood. Anda bisa meminum air kelapa atau teh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Istirahat yang cukup

Berhenti menyibukkan diri Anda dari segala urusan pekerjaan di kala waktu libur tiba. Anda bisa menggunakan waktu libur dengan berlibur bersama keluarga atau jalan-jalan keluar dengan teman.

4. Lakukan olahraga ringan

Raih semangat hidup Anda dengan olahraga ringan. Anda tidak harus bergabung dengan klub kesehatan atau gym tapi Anda bisa melakukan olahraga sendiri, misal push up. Penelitian terbaru menunjukkan, orang yang rutin melakukan olahraga ringan akan lebih bahagia.

5. Meditasi

Ambil waktu 10 menit untuk meditasi tiap hari. Studi menunjukkan, meditasi dapat membuat pikiran Anda fokus terhadap sesuatu yang positif. Saat meditasi sebaiknya pilih tempat yang tenang dan matikan ponsel Anda.

3 dari 4 halaman

6. Bertemu orang baru

Untuk meningkatkan pikiran positif, Anda bisa bertemu orang-orang baru. Lakukan perbincangan singkat dan saling bertukar pendapat.

7. Katakan maaf 

Jadilah orang yang pertama mengatakan maaf jika Anda berbuat kesalahan atau melihat orang lain kurang senang dengan sikap yang Anda lakukan.

8. Berhenti khawatir

Hindari berpikiran khawatir ketika melihat hal-hal realistis. Pikirkan tentang terakhir kali Anda khawatir tentang sesuatu. Apakah rasa khawatir dapat mengubah situasi? Tidak. Sebaliknya, Anda menetapkan tujuan untuk mengubah situasi. Rencanakan bagaimana Anda melakukan sesuatu yang terbaik.

4 dari 4 halaman

9. Tidak terburu-buru

Hentikan rasa terburu-buru di pagi hari. Anda bisa mengatur alarm 10 menit sebelumnya. Persiapkan pakaian dan barang-barang yang akan dibawa apda malam harinya sehingga Anda tidak perlu menyiapkan  di pagi hari.

10. Belajar hal baru

Anda bisa mempelajari hal-hal baru, misal pakai aplikasi teknologi agar olahraga menjadi teratur. Hal ini akan membangun kepercayaan diri Anda.

11. Tetap fokus 

Ada banyak tekanan di sekitar Anda, baik dari keluarga atau lingkungan kerja seperti perbedaan pendapat. Anda bisa saja terjebak di dalamnya. Saat situasi buruk, Anda tetap fokus agar memeroleh jalan penyelesaian terbaik. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.