Sukses

Simpan Dendam pada Mantan Bisa Rusak Kesehatan

Tak ada untungnya memendam rasa benci dan dendam pada mantan, sebab ini benar-benar akan merusak kesehatan psikis juga fisik.

Liputan6.com, Jakarta Tak ada untungnya memendam rasa benci dan dendam pada mantan, sebab ini benar-benar akan merusak kesehatan psikis juga fisik Anda.

Seperti pepatah yang diucapkan oleh Mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela, "Kebencian itu seperti meminum racun dan Anda hanya berharap itu akan membunuh musuhmu."

Dengan kata lain, Anda hanya menyakiti diri sendiri dengan memendam kebencian terhadap mantan. Seperti dikutip laman The List, Rabu (28/12/2016) dendam pada mantan akan merusak kesehatan seperti berikut.

1. Merusak jantung

European Heart Journal: Acute Cardiovascular Care mengatakan, kasus serangan jantung terkadi akibat ledakan kemarahan yang dipendam. Bahkan studi di Circulation mengungkap mereka yang cepat marah memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit dan serangan jantung meski memiliki tekanan darah yang normal.

2. Merusak otak

Studi dalam Neurology mengungkap, pikiran negatif dan emosi dapat memicu stroke. Hal ini dibuktikan dalam penelitian pada tikus yang dilakukan oleh Frontiers in Neuroscience. Otak tikus yang marah menjadi lebih agresif dan berpotensi pada kondisi kesehatan yang terganggu.

3. Rusak imun

Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America menunjukkan, pikiran negatif sebenarnya dapat menurunkan kekebalan tubuh seseorang terhadap flu.

Mayo Clinic Proceedings menemukan, orang dengan pandangan pesimis dan emosi negatif mengalami kondisi kesehatan yang kronis, serta meningkatkan risiko kematian hampir 20 persen.

4. Kurang tidur

Tidur memaikan peran utama dalam kehidupan manusia, ketika individu menyimpan dendam berlebih khususnya pada mantan, maka kualitas dan kuantitas tidur akan terganggu.

Hal ini dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan emosional. Terpaku pada pikiran negatif seperti dendam akan membuat Anda terbangun di malam hari dam akan menurunkan semua kemampuan tubuh, mulai dari kekuatan otak, jantung, sistem kekebalan tubuh, kesehatan jantung, serta berat badan. Kehilangan waktu tidur dapat mengambil seluruh kesehatan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini