Sukses

Apa Bedanya Susu Kental Manis, Bubuk, dan Cair?

Meski sama-sama mengandung gizi dan nutrisi baik, tetapi tahukah Anda ketiga susu ini memiliki perbedaan dalam kandungannya?

Liputan6.com, Jakarta Susu yang tersebar di swalayan atau toko susu khusus memiliki beragam jenis, mulai dari susu bubuk, susu cair segar atau fresh milk, dan susu kental manis. Meski sama-sama mengandung gizi dan nutrisi baik, tetapi tahukah Anda ketiga susu ini memiliki perbedaan dalam kandungannya?

U.S. Department of Agriculture merekomendasikan untuk mengonsumsi tiga cangkir susu per hari, yang disesuaikan dengan jenis susu favorit Anda. Namun, ada perbedaan yang signifikan dari berbagai jenis susu ini. Seperti misalnya, susu bubuk lebih memiliki jangka waktu panjang dalam penyimpanannya, dan harus disimpan pada suhu ruangan.

 

Baca juga:

 

Seperti dilansir Live Strong, Senin (26/12/2016) susu bubuk mengandung vitamin, mineral, dan protein dengan jumlah yang hampir sama dengan susu cair segar. Bedanya, susu cair segar memiliki vitamin B yang lebih banyak yaitu B5 dan B12 yang berkontribusi untuk menjaga kesehatan sistem saraf.

Susu cair segar juga menyediakan lebih banyak fosfor dan selenium dibandingkan susu bubuk. Namun, peran mineral kedua susu ini sama-sama mampu mendukung metabolisme sel tubuh.

Sementara berdasarkan data dari perusahaan susu Greenfields, susu kental manis mengandung 60 persen kandungan air, yang diangkat untuk menghasilkan tekstur yang lebih kental.

Susu kental manis juga mengandung tambahan pemanis sebanyak 40 hingga 45 persen dari volume susu. Setiap satu sendok makan susu kental manis juga mengandung 62 kalori, 2 gram lemak, dan 10 gram karbohidrat berupa gula.

 

Baca juga:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini