Sukses

Hidup Baru Pria dengan Tumor 11 Kg

Pada April lalu akhirnya tumor 11 kg berhasil disingkirkan dari wajah Krishna. Ia tak menyangka ada dokter yang mau mengoperasi tumor itu.

Liputan6.com, Jakarta Seperti mendapat hidup baru, itulah yang dirasakan Krishna Prasad setelah tumor 11 kg "hilang" dari wajahnya.

Pria 60 tahun asal Taplejung, bagian timur Nepal, menderita Neurofibromatosis sejak berumur 12 tahun. Tumor di wajahnya terus tumbuh hingga seberat 11 kg.

Krishna telah menemui banyak dokter untuk menghilangkan tumor dari wajahnya. Namun semua dokter yang ditemui menyatakan tak bisa melakukan tindakan apa pun.

Hingga awal 2016 dia bertemu dengan Dr Jaswan Shakya, kepala bedah medis dan kosmetik di Sushma Koirala Memorial Hospital, Kathmandu.

Dr Shakya terkejut melihat ukuran tumor yang menggelayut di wajah Krishna. "Aku telah banyak melakukan operasi, tapi ini adalah tumor terbesar yang pernah kulihat di Nepal," ujar Dr Shakya dikutip dari situs berita di London, Express, pada Kamis (15/12/2016)

Tumor yang menggelayut di bagian kanan wajah telah membuat Krishna dikucilkan dari lingkungan tempat tinggalnya. Pria yang tinggal bersama ibu dan saudarinya itu tak bisa menikah, mendapat pekerjaan, maupun membangun pertemanan. Orang-orang bahkan takut untuk menyapanya. Dia kesepian.

"Mereka hanya menatap wajahku lalu berjalan melewatiku. Sungguh hidup yang sepi," kata Krishna. Ia merasa hidupnya benar-benar sepi setelah tumor itu tumbuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kelainan Genetika Sebabkan Tumor Tumbuh Seberat 11 Kg

Menurut Dr Shakya, tumor yang diderita Krishna merupakan kelainan genetika tetapi kemudian membesar karena tak ditangani dan menyebabkan pria itu kesulitan melakukan kegiatan sehari-hari. Krishna bahkan menaruh tumornya di keranjang.

"Kelebihan kulit itu kondisinya mengenaskan, menjadi infeksi dan sangat bau karena sering tergesek. Tak ada yang mau berdekatan atau bahkan berbicara dengannya. Dia dikucilkan oleh masyarakat dan tinggal sendirian," kata Dr Shakya.

Dr Shakya lantas mengumpulkan 11 dokter untuk melakukan operasi menghilangkan tumor di wajah Krishna. Pada April 2016 akhirnya tumor 11 kg itu berhasil disingkirkan dan Dr Shakya beserta tim sama sekali tidak memungut biaya atas tindakan medis tersebut.

"Ini mungkin tumor terbesar yang pernah kami operasi, itu sebabnya prosesnya menjadi sangat menantang," kata Dr Shakya.

Kini Krishna bisa bernapas lega dan telah mendapat pekerjaan di sebuah perkebunan lokal. Dia pun merasa lebih bahagia meski masih ada tumor kecil-kecil di seluruh tubuhnya. Dr Shakya berjanji akan menangani tumor-tumor tersebut di masa mendatang.

"Rasanya seperti dilahirkan kembali. Dulu aku benci menatap kaca dan tak ada seorang pun yang mau berbicara denganku. Tapi sekarang hidupku berbeda. Hidupku berubah drastis setelah operasi. Semua orang sangat bersahabat dan aku lebih percaya diri dan senang bisa bekerja," celoteh Krishna.

"Aku sangat bahagia dan sungguh berterima kasih pada dokter yang membantuku. Dia memberiku kehidupan baru yang sangat berbeda," tandasnya lega setelah terbebas dari tumor 11 kg di wajah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini