Sukses

5 Makanan Rumahan untuk Kulit Sehat dan Cantik

Cobalah salah satu pelembab yang dibuat dari makanan rumahan berikut yang telah terbukti membuat kulit sehat dan cantik

Liputan6.com, Jakarta Untuk menjaga kulit sehat, seorang dermatolog dari American Academy of Dermatology, Lisa Donofrio, MD, merekomendasikan untuk menggabungkan beberapa makanan dalam diet Anda.

Anda bisa mengombinasikan pasta tomat, yang berperan melindungi kulit dari efek merusak sinar UV; ikan sarden, yang kaya akan anti-inflamasi omega-3; dan kale, yang bisa menyerap dan menetralkan radikal bebas.

Namun bagaimana jika kulit Anda ‘haus’ sangat ingin dipuaskan? Cobalah salah satu pelembab yang dibuat dari makanan super berikut yang telah terbukti baik bagi kulit untuk penggunaan luar juga, dilansir dari laman Prevention, Senin (12/12/2016). 

Susu dan madu

Manfaatkanlah keuntungan dari kedua makanan ini dalam satu  botol. Menurut Donofrio, lemak dan asam laktosa pada susu sangatlah luar biasa menenangkan untuk iritasi kulit ketika dioleskan.

Cobalah untuk mengkompres kulit menggunakan handuk yang direndam susu dingin lalu aplikasikan pada area kulit yang mengalami iritasi. Madu juga bukan hanya zat humektan alami, dalam arti madu memicu dan menjaga kelembapan, namun juga kandungan antibakterinya dan antijamur juga membantu melawan kuman yang ada pada permukaan kulit Anda sehingga kulit sehat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minyak kelapa

Minyak kelapa

Sebagai tambahan untuk mendapatkan kelembapan alami kulit, minyak kelapa juga kaya akan kandungan antibakteri, antijamur, dan antivirus, ujar Donofrio. Cobalah krim kelapa mentah (Raw Coconut Cream), yang minyaknya tanpa diproses namun cukup lembut untuk kulit sensitif. 

Minyak zaitun

"Hanya ada sedikit tanda-tanda penuaan pada orang-orang yang banyak mengkonsumsi minyak zaitun daripada mereka yang tidak,” ujar Donofrio. Hal ini dikarenakan minyak zaitun penuh akan polifenol, yaitu sebuah senyawa tumbuhan dengan kandungan antioksidan.

Kedelai

Digunakan dengan mengoleskan atau dimakan, kedelai meningkatkan elasitisitas kulit dan mencegah pelunturan kolagen, jelas Donofrio.   

Teh hijau

Teh hijau melindungi tubuh terhadap sinar UV baik itu dioleskan maupun ketika diseduh untuk dijadikan minuman, ungkap Donofrio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini