Sukses

Kembung Usai Konsumsi Kacang Tandanya Alergi?

Rasa kembung usai mengonsumsi kacang jadi tanda alergi makanan.

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi makanan yang sulit dicerna akan membuat perut terasa penuh atau kembung. Hal ini juga bisa menjadi salah satu tanda Anda alergi makanan, khususnya pada makanan berjenis kacang-kacangan.

Mungkin yang ada dibenak banyak individu, alergi kacang-kacangan akan menimbulkan kegatalan atau masalah pernapasan. Padahal, pada beberapa individu justru menimbulkan intoleransi makanan dan masalah pencernaan, seperti kembung hingga iritasi usus besar.

Menurut American Academy of Allergy, Asthma & Immunology, kondisi seperti intoleransi makanan dan masalah pencernaan juga bisa berasal dari jenis makanan kerang, telur, gandum, dan susu. Terjadinya alergi makanan dipengaruhi akibat histamin yang meningkat, sehingga terjadilah reaksi alergi pada tubuh.

Selain kembung, intoleransi makanan juga bisa membuat kram perut, mual, penumpukan gas dalam usus, dan diare. Rasa kembung yang terjadi secara konsisten usai mengonsumsi kacang, termasuk selai kacang, memerlukan konsultasi mendalam dengan medis.

Menghindari kacang-kacangan memang sangat penting dilakukan untuk mencegah kambuhnya alergi atau masalah pencernaan. Bahkan, Anda juga perlu untuk lebih teliti dalam memilih makanan, sebab menu makanan yang beragam biasanya juga menghadirkan campuran kacang-kacangan yang membahayakan tubuh. Dikutip dari Live Strong, Minggu (20/11/2016).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini