Sukses

Ketahui Masalah Kesehatan dari Kondisi Bibir

Berikut beberapa masalah kesehatan yang bisa Anda lihat dari bibir

Liputan6.com, Jakarta Bibir sering dihubungkan dengan keindahan. Dan bibir juga bisa menunjukkan kondisi kesehatan seseorang.

Berikut beberapa masalah kesehatan yang bisa Anda lihat dari bibir seperti dilansir Mailonline, Minggu (30/10/2016):

1. Bibir bengkak

Jangan abaikan apabila bibir Anda bengkak karena bisa menjadi indikator ada masalah kesehatan. Bibir bengkak terkadang disebabkan penyakit Crohn. Penyakit ini biasanya menyebabkan pembengkakan di usus tetapi bisa membuat saluran getah bening meradang.

Bibir bengkak juga dapat menunjukkan sensitivitas terhadap makanan.M

2. Bibir kering pecah-pecah

Sisi bibir yang kering mengelupas terkadang karena anemia, ketika tubuh kekurangan zat besi. Selain itu, bibir kering pecah-pecah juga menjadi tanda diabetes, karena tingginya kadar glukosa darah yang mendorong pertumbuhan candida, seperti infeksi jamur yang biasanya menyerang dermis tipis di sudut mulut.

3. Bibir terbakar

Ini bisa menjadi tanda depresi. Ada banyak peralatan sensorik di otak, yang bisa menjadi terlalu sensitif ketika ada ketidakseimbangan psikologis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berwarna merah

4. Berwarna merah

Ini biasanya tanda alergi. Kondisi ini bisa karena tingginya konsumsi minuman berkarbonasi. Dokter melaporkan melihat banyak orang alergi terhadap kandungan asam benzoat pada minuman bersoda dan pasta gigi. Ini mungkin disebabkan konsumsi yang berlebihan.

5. Kulit bibir bersisik

Kondisi ini sering dikenal sebagai 'Lick Eczema'. Kulit di bibir mengandung sedikit kelenjar sebaceous dan begitu rentan lebih cepat kering dibanding daerah lain.

Ketika anak-anak atau orang dewasa berlebihan menjilat bibir mereka maka akan mengeringkan sejumlah minyak yang tersedia, meninggalkan jaringan dan daerah sekitar mulut menjadi kering dan rentan terhadap infeksi.

Cobalah menerapkan Vaseline ke daerah dan menghentikan kebiasaan membasahi lidah.

6. Bibir pucat

Masalah jantung dan paru-paru mempengaruhi jumlah oksigen yang dibawa dalam darah, dan ketika jumlah oksigen menurun secara signifikan bibir terlihat kebiruan, bukan merah muda yang sehat. Bibir merah muda pucat juga menjadi efek samping yang umum dari anemia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.