Sukses

Ini Saat Payudara Akan Berhenti Tumbuh dan Berkembang

Payudara wanita pertama kali berkembang sejak wanita memasuki masa puber.

Liputan6.com, Jakarta Payudara wanita pertama kali berkembang sejak wanita memasuki masa puber. Ukuran dan bentuk payudara setiap wanita memang berbeda-beda, tapi tetap memiliki fungsi yang sama. Inilah yang membuat payudara semakin unik.

Mungkin Anda penasaran, apa yang akan terjadi pada payudara seiring bertambahnya usia. Dokter kandungan Rebecca Brightman mencoba menjelaskannya untuk Anda, seperti dilansir Seventeen, Kamis (27/10/2016) berikut:

1. Selama pubertas

Payudara wanita mengalami perubahan bentuk pertama kali saat memasuki masa pubertas. Kebanyakan wanita mengalami ini ketika mereka berusia antara 8 hingga 13 tahun. Dokter Rebecca mengatakan, saat memasuki pubertas, hal pertama yang akan terlihat adalah daerah areola payudara membesar.

Pada tahap ini kebanyakan wanita memilih menggunakan training bra atau bra tipis hanya untuk menutupi bagian puting yang mulai membesar. Payudara terlihat seperti pembengkakan kecil yang merupakan pertanda awal dari payudara berkembang menjadi dewasa.

2. Setelah pubertas

Payudara Anda akan terus tumbuh dan berkembang selama masa pubertas. Tetapi, antara 18-20 tahun, payudara biasanya akan berkembang penuh atau berhenti berkembang. Ini tidak berarti ukuran payudara Anda saat usia 18 tahun adalah ukuran payudara Anda selamanya. Perubahan hormon, penurunan berat badan dan kenaikan berat badan, semuanya dapat memiliki efek pada ukuran payudara Anda.

Dua hal yang memberikan payudara Anda bentuk dan ukuran adalah jaringan ikat lemak dan berserat. Setelah payudara Anda selesai berkembang, payudara Anda mungkin terdiri lebih dari jaringan berserat atau fibrosa dibanding jaringan lemak.

Genetika juga memiliki peran dalam komposisi payudara. Jika ibu atau nenek Anda semuanya memiliki payudara yang padat, berserat, Anda juga akan memilikinya.

Seperti yang Anda ketahui, payudara tidak ada yang sama bahkan kanan dan kiri milik Anda pun berbeda. Sehingga sangat sulit mendapatkan payudara yang sama persis dan sempurna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini