Sukses

7 Tanda Penyakit yang Bisa Terlihat dari Bibir

Bibir juga bisa menandakan adanya masalah kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Bibir juga bisa menandakan adanya masalah kesehatan. Tak hanya bibir kering dan pecah-pecah, hal ini bisa berdampak buruk bila tidak segera diatasi.

Sebelum memeriksakan diri ke dokter, mungkin tujuh tanda kondisi bibir ini bisa membantu Anda. Berikut ulasannya, seperti dikutip Goodhousekeeping, Sabtu (21/10/2016):

Gejala 1: Bibir kering dan pecah-pecah

Anda mungkin mengalami dehidrasi. Jadi ini terjadi, jangan menggesek-gesekkan bibir dengan tangan, tapi minum lebih banyak. 

"Dan jika Anda terbiasa menjilat bibir Anda, hentikan," kata Dr Robert A. Menurutnya, air liur hanya akan semakin mengeringkan bibir. 

Gejala 2: Retak di tepi

Anda mungkin memiliki infeksi jamur. "Jika Anda mengiler atau memakai retainer ortodontik (kawat gigi), bakteri dapat menumpuk di sekitar mulut Anda dan menyebabkan infeksi," kata dokter kulit Dr Mona Gohara. Cukup periksa ke dokter untuk masalah ini.

Gejala 3: Perubahan warna bibir

Temui dokter Anda jika ada perubahan warna yang menetap atau bila disertai dengan gejala lain. Salah satu penyebab lain misalnya karena merokok. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bengkak

Gejala 4: Pembengkakan

"Bibir bengkak bisa jadi karena reaksi alergi," kata Dr Timothy Chase, DMD, dari SmilesNY. Jika lidah bengkak, bibir terasa terbakar atau terasa gatal-gatal pada kulit disertai tenggorokan gatal, cari bantuan medis segera.

Gejala 5: Pucat

"Kurangnya paparan sinar matahari dapat menyebabkan bibir pucat," kata Chase. Bila ini terjadi, jangan lewatkan sunscreen. Tapi perhatikan bila Anda juga mengalami pucat di tempat lain, dokter mungkin akan menguji anemia atau kanker.

3 dari 3 halaman

Sensitif

Gejala 6: Sensitif

Apakah bibir Anda sensitif terhadap sentuhan dan seperti kemerahan di bagian tepi? Sensitifitas ini juga bisa berkaitan dengan reaksi alergi yang parah. Coba perhatikan segala produk untuk bibir yang Anda gunakan seperti pasta gigi, lipstik dan sebagainya. Jika ada iritasi, segera hentikan pemakaian.

Gejala 7: Cold sores

Cold sores adalah lepuhan-lepuhan kecil dan menyakitkan, dapat timbul di sekitar mulut, muka atau hidung. Biasanya ini terjadi karena dari virus herpes.

"Biasanya orang akan mengalami sedikit sensasi dingin tapi menyakitkan. Jika demikian, hindari pemicunya seperti sinar matahari yang berlebihan," kata Gohara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini