Sukses

3 Langkah Pangkas Risiko Kanker Payudara hingga 30 Persen

Melakukan tiga gaya hidup sehat mencegah satu dari tiga orang terkena kanker payudara.

Liputan6.com, New York- Kanker payudara masih menjadi momok menakutkan bagi wanita. Untungnya, ada hal yang bisa dilakukan untuk menjauhkan diri dari kanker payudara.

Menurut data American Institute for Cancer Research, paling tidak dengan melakukan tiga gaya hidup sehat akan mencegah satu dari tiga orang terkena kanker payudara.

"Sangat penting untuk memahami bahwa kita sendiri bisa mengambil tindakan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menurunkan risiko," kata kepala program nutrisi American Institute for Cancer Research, Alice Bender.

Meski bukan garansi tidak terkena kanker payudara, tiga strategi hal ini bisa membantu. Berikut selengkapnya seperti dikutip laman Today, Selasa (10/10/2016).

1. Jaga berat badan normal

Kelebihan lemak tubuh mempercepat produksi bahan kimia yang membuat peradangan dalam tubuh, peningkatan kadar insulin dan hormon yang dapat memacu pertumbuhan sel. Oleh karena itu, penting sekali menjaga berat badan tidak berlebih.

2. Aktivitas fisik dalam kehidupan sehari-hari

Dengan aktif menggerakkan tubuh bisa membantu mengatur berat badan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu menjaga saluran pencernaan tetap baik.

"Olahraga membuat tubuh melepaskan substansi-substansi sehat yang menjaga tubuh tetap sehat secara keseluruhan," kata Bender. Paling tidak, setiap hari melakukan olahraga moderat sebanyak 30 menit. Jika lebih dari itu lebih baik.

3. Hindari alkohol

Menjauhi minuman beralkohol berperan penting menjauhkan juga terkena risiko kanker payudara. Jika sulit, konsumsi sedikit saja.

"Alkohol adalah karsinogen. Menurut penelitian konsumsi alkohol bisa merusak DNA, serta meningkatkan hormon estrogen dalam tubuh yang memicu kanker payudara," kata Bender.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini