Sukses

Anak Gemar Makan Telur, Bolehkah Konsumsi Setiap Hari?

Satu telur mengandung 186mg kolesterol, sementara setiap hari disarankan asupan kolesterol hanya 300mg per hari.

Liputan6.com, New York- Ada anak yang gemar sekali makan telur ayam. Bahkan sering merengek mengonsumsinya setiap hari. Hal ini membuat orangtua dilema, di satu sisi telur kaya protein namun di sisi lain khawatir tingkat kolesterol yang tinggi pada telur.

Ya, tak dipungkiri, telur merupakan salah satu sumber protein yang harganya relatif murah. Selain itu, telur merupakan asam amino, vitamin A, vitamin D, kolin, dan selenium yang baik untuk fungsi tiroid.

Sandwich telur tidak biasa yang lezat dan menggugah selera

Namun perlu diingat saat anak mengonsumsi satu telur mengandung 186mg kolesterol. Sementara asupan harian kolesterol itu disarankan kurang dari 300mg seperti diungkap pakar nutrisi asal Amerika Serikat, Elisa Zied.

"Sebaiknya tidak menjatuhkan asupan nutrisi pada satu makanan saja. Karena masing-masing makanan memiliki kombinasi nutrisi yang berbeda. Nah, jika memang mengonsumsi telur setiap hari, ada baiknya mengonsumsi hanya satu telur (termasuk asupan telur dalam makanan lain seperti kue) agar kadar kolesterol anak tetap terjaga, " pesan Zied seperti dikutip laman Parents, Selasa (11/10/2016).

Berhubung anak-anak masih dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan, Zied juga menyarankan para orangtua untuk menyodorkan aneka sumber protein lain. Seperti ikan laut, daging ayam, kacang-kacangan, kedelai dan daging merah sehingga kombinasi nutrisi dalam tubuh beragam. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini