Sukses

Ingin Belajar Sesuatu Lebih Cepat? Ini Cara Mudahnya

Tidur siang sangat membantu memori Anda dalam mengingat informasi-informasi baru

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda akan menghadapi ujian atau sedang mempelajari sesuatu yang baru, cara terbaik yang umumnya dilakukan untuk mempertahankan semua informasi tersebut ialah melakukan latihan secara berulang. Namun sebenarnya ada langkah lain, yaitu tidur.

Menurut sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Psychological Science, menegaskan bahwa melakukan latihan berulang ditambah dengan tidur ternyata akan meningkatkan memori jangka panjang Anda terhadap informasi baru tersebut.

Dalam studi, ada dua kelompok yang diminta untuk belajar dan berlatih kosakata asing. Kelompok pertama belajar di pagi hari dan dilanjutkan malam harinya. Sementara kelompok kedua belajar di sore hari, tidur malam, kemudian mengulanginya saat keesokan harinya.

Setelah menilai hasilnya enam bulan kemudian, peneliti menemukan bahwa tidur di antara sesi belajar membuat retensi jangka panjang memori menjadi lebih baik, seperti yang dilansir dari Purewow, Sabtu (1/10/2016). 

Jadi, tidak ada alasan untuk tidak tidur ketika Anda sedang mempelajari sesuatu yang baru. Karena baik tidur siang maupun tidur malam, juga akan membantu memori otak Anda untuk lebih mengingat informasi-informasi tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini