Sukses

Siswa JIS Antusias Ikut Lomba 17-an

Ratusan siswa Jakarta Intercultural School (JIS) Patimura antusias ikuti lomba perayaan 17 Agustus seperti makan kerupuk hingga balap karung

Liputan6.com, Jakarta - Suasana Hari Kemerdekaan Republik Indonesia masih terasa di beberapa tempat meski sudah di penghujung Agustus, salah satunya di Jakarta Intercultural School (JIS). Dan ini untuk pertama kalinya, JIS menggelar lomba permainan tradisional khas perayaan 17 Agustus di kampus JIS Pattimura pada Rabu (24/8/2016).

Ratusan siswa usia empat hingga 12 tahun antusias mengikuti aneka lomba. Mulai lomba makan kerupuk, joget jeruk, sendok kelereng, balap karung, bakiak, tarik tambang, dan bentengan.

Siswa mengikuti lomba makan kerupuk di pelataran Jakarta Intercultural School (JIS) Pattimura, Jakarta, Rabu (24/8). Ratusan siswa diperkenalkan dengan lomba tradisional sekaligus pengenalan budaya Indonesia. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

"Untuk merayakan Kemerdekaan Indonesia tahun ini kami ingin memberikan warna berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, dengan mengadakan lomba khas yang ada di Indonesia saat perayaan hari Kemerdekaan Indonesia," kata Kepala Sekolah JIS Elementary, Elsa Donahue, saat konferensi pers.

Menurut Elsa, sangat penting bagi siswa JIS yang berasal dari puluhan negara di dunia ini untuk memahami dan mengenal lebih dekat dengan budaya dan nilai-nilai yang dianut negara tuan rumah. Salah satunya mengenal kerja sama dan gotong royong lewat aneka lomba misalnya joget jeruk, bentengan, maupun bakiak.

Sejumlah siswa mengikuti lomba tarik tambang di pelataran Jakarta Intercultural School (JIS) Pattimura, Jakarta, Rabu (24/8). Peringatan HUT RI dimeriahkan oleh siswa JIS dengan mengadakan sejumlah perlombaan. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Sebelum perlombaan, ratusan anak-anak menonton beberapa siswa memainkan gamelan. Mereka langsung mengikuti aneka lomba yang ada, salah satu siswa yang semangat adalah Elliott, siswa berdarah Inggris, Australia, dan Iran, duduk di kelas empat SD.

Siswa memainkan gamelan di pelataran Jakarta Intercultural School (JIS) Pattimura, Jakarta, Rabu (24/8). Ratusan siswa diperkenalkan dengan lomba tradisional sekaligus pengenalan budaya Indonesia. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

"Tadi saya ikut lomba makan kerupuk, saya suka itu. It's fun. Lalu tarik tambang juga saya suka," tutur Elliott menggunakan bahasa Indonesia.

Begitu pun dengan Amy, siswa kelas 5 blasteran Indonesia dan Amerika Serikat. Gadis berkacamata ini suka semua permainan yang ada. "Emmm... aku tak tahu paling suka yang mana, semua suka," tuturnya.

Beda cerita dengan Sabrina, siswa kelas 5 blasteran Indonesia-Swiss. Saking semangatnya ikut lomba makan kerupuk, ia pun sampai tak merasakan apapun pada mulutnya. "Langit-langitku jadi mati rasa sesudah ikut lomba makan kerupuk," tuturnya dalam bahasa Inggris. 

Sukses menggelar untuk kali pertama, Elsa menuturkan perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia akan kembali diadakan di tahun-tahun selanjutnya di JIS. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini