Sukses

Pasangan yang Mencintai Bikin Anda Tidur Nyenyak

Seseorang akan mendapat tidur lebih baik atau nyenyak saat mereka memiliki pasangan yang penuh kasih

Liputan6.com, Jakarta Memiliki pasangan yang mencintai kita serta selalu ada untuk melindungi dan menghibur saat kita menghadapi masalah adalah cara yang paling efektif bagi kita manusia untuk mengurangi kecemasan. Hilangnya kecemasan pada akhirnya akan membuat tidur lebih nyenyak.

Sebuah penelitian terbaru menemukan korelasi antara sikap responsif pasangan dengan seberapa baik mereka tidur. Seseorang akan mendapat tidur lebih baik atau nyenyak saat mereka memiliki pasangan yang penuh kasih dan responsif terhadap kebutuhan mereka, seperti dilansir Independent, Selasa (23/8/2016)

Mereka yang cenderung merasa cemas dan depresi, tapi mendapat perhatian dan kasih sayang dari pasangannya bisa membantu mereka mendapatkan istirahat malam yang baik.

Dalam sebuah jurnal Psikologi Sosial dan Ilmu Kepribadian, Dr Emre Selcuk, seorang psikolog perkembangan dan sosial di East Universitas Tengah Teknis di Turki, mengatakan, "Sifat inheren saling tergantung dari hubungan romantis orang dewasa, serta persepsi pasangan romantis memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan yang lebih baik".

Temuan ini menunjukkan bahwa perasaan diperhatikan, disayangi dan dicintai oleh pasangan mampu meningkatkan efektivitas intervensi untuk mengurangi gangguan tidur dan meningkatkan kesejahteraan individu secara umum.

Tidur nyenyak diterima secara luas sebagai efek menguntungkan pada kesehatan fisik. Seperti diketahui restoratif tidur membutuhkan perasaan aman, nyaman, terlindungi dan tidak adanya ancaman.

Di masa kecil peran ini dipenuhi oleh orang tua. Sementara ketika dewasa, bisa diperoleh dari pasangan kita.

"Memiliki suami/istri responsif yang akan tersedia untuk melindungi dan menghibur kita pada sesuatu yang salah adalah cara paling efektif bagi kita manusia untuk mengurangi kecemasan, ketegangan, dan gairah," kata Dr Selcuk.

Temuan ini diperoleh dengan mempelajari hampir 700 orang berusia 35-86 yang menikah atau hidup bersama. Mereka diminta untuk mengatakan bagaimana respons pasangan mereka dan seberapa baik tidur mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini